Dubes Malaysia: Kami Terapkan Hukuman Adil bagi Majikan Pekerja Ilegal

Sonya Michaella    •    Jumat, 07 Jul 2017 17:17 WIB
tki ilegal
Dubes Malaysia: Kami Terapkan Hukuman Adil bagi Majikan Pekerja Ilegal
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Sri Zahrain Mohamed Hashim jelaskan mengenai razia TKI di negaranya (Foto: Fajar Nugraha/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia mendesak agar Pemerintah Malaysia juga memberlakukan hukum yang adil bagi para majikan yang mempekerjakan tenaga asing ilegal.
 
Pasalnya, banyak majikan yang tak mendaftarkan tenaga asing ilegal yang dipekerjakannya dan berdampak terkena razia, misalnya pada Warga Negara Indonesia (WNI).
 
 
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Sri Zahrain Mohamed Hashim menjelaskan duduk perkara hukum Malaysia bagi para majikan yang tak menaati peraturan ini.
 
"Hukuman untuk majikan sudah kita berlakukan. Hukumannya tentu berat karena mereka melanggar Undang-Undang Malaysia, bahkan hukumannya lebih berat dari pada Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI)," kata Dubes Zahrain ketika ditemui Metrotvnews.com di Kedutaan Besar Malaysia, kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat 7 Juli 2017.
 
"Hukumannya sendiri bisa lima tahun dan ditambah hukuman rotan. Sedangkan untuk PATI, malah kita pulangkan ke negaranya," tambah dia.
 
Ia pun memberi contoh pada seorang pemilik kedai roti di Malaysia yang mempekerjakan 19 tenaga asing ilegal dan akhirnya kini mendapat hukuman. Selain itu, saat ini ada sekitar 29 majikan yang memperkerjakan tenaga asing ilegal menjalani proses hukum, terkait isu yang berkembang saat ini.
 
"Dia dihukum, dibawa ke Mahkamah, di penjara dan juga hukum rotan," tutur dia.
 
 
Dubes Zahrain mengatakan, Pemerintah Malaysia sudah memberlakukan hukum yang adil bagi majikan dan juga PATI yang kini sedang ditahan, termasuk asal Indonesia.
 
"Jika mereka (pekerja asing) datang dengan jalur yang benar dan legal, tentu kita terbuka," tegas Dubes Zahrain.
 
Indonesia sendiri mendorong Malaysia untuk lebih bekerja sama melarang para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal masuk ke wilayah Malaysia. Di samping itu, Indonesia juga sudah mencegah mereka keluar dari Indonesia untuk masuk ke Malaysia tanpa izin.



(FJR)