Indonesia Minta Keamanan Perairan Malaysia Diperketat

Sonya Michaella    •    Senin, 21 Nov 2016 14:45 WIB
wnisandera wni
Indonesia Minta Keamanan Perairan Malaysia Diperketat
Jubir Kemenlu RI Arrmanatha Nasir (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rentang waktu yang terhitung sebentar, penculikan anak buah kapal WNI kembali terjadi. Kali ini, menimpa  dua ABK WNI yang diculik tak jauh dari Sabah, Malaysia.
 
 
Penculikan ini terjadi pada Sabtu 19 November kemarin, sore hari waktu setempat. Dikabarkan, ada speedboat yang mendekati kapal penangkap ikan yang diawaki oleh 13 WNI. Dua diantaranya berhasil diculik.
 
"Kita terus meminta dan mendesak pemerintah Malaysia untuk meningkatkan keamanan di wilayah Sabah. Itu yang dilakukan Bu Menlu pada beberapa waktu yang lalu saat berkunjung ke Malaysia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Senin (21/11/2016).
 
"Menlu juga meminta mengingatkan kepada otoritas keamanan di Malaysia bahwa ini merupakan daerah yang cukup bahaya dan kita meminta agar mereka meningkatkan keamanan di kawasan perairan tersebut," lanjutnya.
 
Selain itu, kata dia, Indonesia juga mengimbau kepada perusahaan-perusahaan kapal penangkap ikan yang ada di daerah Sabah untuk memperhatikan kawasan perairan tersebut.
 
"Terutama soal keamanan perairan. Kita juga meminta mereka untuk tidak mengirimkan ABK WNI kita untuk berlaut ke sana," ungkap Arrmanatha.
 
Selain itu, Indonesia juga mendesak perusahaan pemilik kapal untuk bertanggung jawab atas diculiknya dua ABK WNI tersebut. 
 
"Kita juga imbau ABK untuk berhati-hati ketika melaut. Namun kita sarankan untuk tidak melaut dulu karena keadaan sedang seperti ini," ucap Arrmanatha lagi.
 
"Ini kan kepentingan bersama. Kepentingan Malaysia juga untuk bisa menjamin keselamatan ABK dan kepentingan otoritas Malaysia untuk memastikan kawasan ini aman sehingga bisa menjadi tempat menghasilkan ikan," pungkasnya.



(FJR)