KJRI Hong Kong Luncurkan Kode Etik Agen Penempatan TKI

Wahyu Dwi Anggoro    •    Jumat, 17 Feb 2017 17:20 WIB
tki
KJRI Hong Kong Luncurkan Kode Etik Agen Penempatan TKI
Kode Etik Agen Penempatan TKI di Hong Kong akan berlaku pada Maret 2017 (Foto:KJRI/Hong Kong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsulat Jenderal RI di Hong Kong meluncurkan Kode Etik Agen Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong yang akan mengatur bisnis penempatan TKI di Hong Kong.

Kode etik tersebut telah dikeluarkan pada pekan ini dan akan berlaku pada bulan depan.

"Kode etik ini merupakan pedoman pelaksanaan bisnis penempatan TKI di Hong Kong secara adil," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Tri Tharyat dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com pada Jumat, 17 February 2016.

Kode etik tersebut disusun dengan merujuk pada peraturan yang berlaku di Hong Kong dan Indonesia, termasuk Code of Practice for Employment Agencies 2017.

Kode etik tersebut berisi berbagai ketentuan yang terkait dengan kewajiban, larangan dan sanksi, termasuk kewajiban dalam proses perolehan akreditasi, kedatangan awal TKI dan selama TKI bekerja di Hong Kong.

Pelanggaran dibagi dalam bentuk pelanggaran ringan pelanggaran sedang dan pelanggaran berat. Sanksi diputuskan oleh tim citizen service KJRI Hong Kong dalam bentuk peringatan tertulis pemberhentian sementara kegiatan penempatan TKI dan pencabutan tanda daftar.

 


(WAH)