Raja Thailand akan Diberi Gelar 'Bhumibol the Great'

Sonya Michaella    •    Kamis, 17 Nov 2016 11:21 WIB
raja thailand
Raja Thailand akan Diberi Gelar 'Bhumibol the Great'
Raja Thailand dengan monarki terlama, Bhumibol Adulyadej (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Thailand akan mengusulkan gelar anumerta kepada Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej dengan gelar "Bhumibol the Great".

"Ini rencana pemerintah. Permintaan ini harus diserahkan kepada biro kerajaan pertama untuk disahkan," kata Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-Ocha, seperti dikutip Asian Correspondent, Kamis (17/11/2016).

PM Prayuth pun berjanji akan mengikuti jejak mendiang raja dan di dalam pemerintahannya, akan menerapkan kebijakan raja pada saat kekuasaannya.

Rakyat Thailand kini masih diselimuti duka sepeninggal Raja Bhumibol pada 13 Oktober lalu. Pemerintah Thailand pun menetapkan masa berkabung sampai satu tahun ke depan.

Menurut laporan pemerintah, kabinet federal juga telah menyetujui kegiatan untuk memperingati ulang tahun Raja Bhumibol yang jatuh pada 5 Desember.

Pada hari tersebut, akan dilakukan pembersihan kuil, mengunjungi orang sakit, kegiatan membaca untuk orang buta, mengambil sumpah setia, melakukan perbuatan baik dan menyanyikan lagu kerajaan.

Raja Bhumibol, adalah raja dengan monarki terlama di Thailand. Ia meninggal karena sakit. Kematian Raja Bhumibol menggemparkan Asia Tenggara dan seluruh dunia.

Sejak kematiannya, gerombolan rakyat Thailand berbondong-bondong memberikan penghormatan terakhir kepada Raja Bhumibol. 

Para wisatawan pun diminta untuk berlaku sopan dan berpakaian yang tepat saat berkunjung ke Thailand. Sampai sekarang, baju berwarna hitam masih menjadi warna pakaian yang ditetapkan di Thailand.

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA