Jepang Dihantam Bencana, PM Abe Tunda Kunjungan Kerja

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 09 Jul 2018 21:21 WIB
jepangbencana banjir
Jepang Dihantam Bencana, PM Abe Tunda Kunjungan Kerja
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP).

Tokyo: Jumlah korban tewas akibat banjir di Jepang mencapai 100 jiwa. Akibat hal ini, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membatalkan kunjungan kerja ke empat negara.

Sebelumnya, Abe direncanakan akan mengunjungi Belgia, Prancis, Arab Saudi dan Mesir mulai Rabu mendatang.

"Dia membatalkan tur ke negara-negara itu untuk berkonsentrasi pada langkah-langkah manajemen bencana, seperti penyelamatan dan pekerjaan konstruksi paska bencana," ucap juru bicara pemerintah, dilansir dari AFP, Senin 9 Juli 2018.

Abe saat ini akan mengunjungi beberapa daerah yang terkena dampak terburuk banjir bandang dan tanah longsor.

Penundaan perjalanannya ditanggapi baik oleh Presiden Uni Eropa Donald Tusk. Dia malah menawarkan untuk mengadakan pertemuan di Tokyo sebagai gantinya.

Di Belgia, Abe akan menandatangani perjanjian perdagangan bebas besar-besaran dengan Uni Eropa. "Belasungkawa tulus dan kata-kata solidaritas Eropa untuk rakyat Jepang dan Perdana Menteri Abe," katanya.

Banjir bandang melanda Jepang sejak Rabu pekan lalu. Prefektur Hiroshima menjadi wilayah paling parah terkena dampak banjir tersebut.

Sementara itu, badan meteorologi Jepang terus memperingatkan akan bahaya tanah longsor akibat hujan deras selama berhari-hari.


(FJR)