Korsel-Korut Persiapkan Fasilitas Reuni Keluarga

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 27 Jun 2018 09:58 WIB
korea utarakorea selatan
Korsel-Korut Persiapkan Fasilitas Reuni Keluarga
Pita perdamaian Korut-Korsel di perbatasan. (Foto: AFP).

Seoul: Sejumlah pejabat Korea Selatan (Korsel) tengah berencana kunjungi Korea Utara (Korut). Kunjungan ini dilakukan untuk persiapan fasilitas reuni keluarga yang dipisahkan Perang Korea 1950-1953.

Delegasi Korsel dipimpin Kim Byung-dae yang bertanggung jawab atas kerja sama kemanusiaan. Tim ini beranggotakan 20 orang dan akan menyeberangi perbatasan timur untuk mengunjungi Gunung Kumgang di Korut.

"Untuk mempersiapkan reuni keluarga yang terbagi pada kesempatan 15 Agustus, tim akan dikirim ke Gunung Kumgang sampai 29 Juni mendatang," ucap pejabat Korsel, dilansir dari laman Yonhap, Rabu 27 Juni 2018.

Tim nantinya akan memeriksa hotel, ruang reuni dan fasilitas lain terkait pembangkit listrik. Pasalnya, fasilitas tersebut tidak digunakan sejak reuni terakhir pada Oktober 2015.

"Berdasarkan hasil kunjungan tim, kami akan melakukan perbaikan pada Juli dan Agustus mendatang. Tujuannya memastikan persiapan reuni berlanjut tanpa masalah," imbuh dia yang tak ingin disebutkan namanya.

Reuni tersebut dijadwalkan berlangsung pada 20 hingga 26 Agustus mendatang. Reuni nantinya akan melibatkan 100 keluarga dari setiap Korea.

Kedua Korea dijadwalkan akan saling bertukar daftar peserta reuni pada 4 Agustus mendatang.


(FJR)