Pesawat AirAsia Tujuan Malaysia Salah Mendarat di Melbourne

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Sep 2016 16:50 WIB
penerbangan dunia
Pesawat AirAsia Tujuan Malaysia Salah Mendarat di Melbourne
Pesawat maskapai AirAsia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Melbourne: Sebuah pesawat maskapai AirAsia X tujuan Malaysia yang bertolak dari Sydney mendarat di Melbourne setelah pilot salah memasukkan posisi longitudinal arah penerbangan. 

Airbus A330-300 meninggalkan Sydney menuju Kuala Lumpur pada 10 Maret tahun lalu, namun menara pengawas mengeluarkan peringatan setelah pesawat itu terbang ke arah yang salah. 

Peristiwa serupa terjadi kali ini. Menurut Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), menara pengawas mencoba memperingatkan kru pesawat, namun justru semakin membuat sistem navigasi menjadi kacau. 

Menyadari ada yang tidak beres, pilot yang memiliki pengalaman menerbangkan A330 sejak 18 bulan terakhir, memutuskan kembali ke Sydney. Sayangnya, cuaca buruk memaksa dirinya mengarahkan pesawat ke Melbourne. Pesawat mendarat dengan selamat. 

"ATSB mengetahui bahwa saat proses pengaturan sistem arah penerbangan, kapten secara tidak sengaja salah memasukkan posisi longitudal pesawat," ujar pihak ATSB, seperti dilansir AFP, Rabu (7/9/2016). 

"Hal tersebut berimbas pada sistem navigasi. Meski ada beberapa kali, kesalahan memasukkan data itu baru disadari saat pesawat sudah terbang," lanjutnya. 

Menurut ATSB, pesawat tersebut juga belum dilengkapi sistem manajemen penerbangan terbaru yang dapat mencegah kesalahan data semacam itu. "Kru pesawat mencoba memperbaiki masalah tersebut," kata ATSB.

AirAsia, maskapai bertarif rendah asal Malaysia, mengalami kecelakaan fatal pada Desember 2014. Ketika itu, penerbangan QZ8501 yang berisi 162 orang jatuh ke perairan Indonesia di tengah badai.

Peristiwa tersebut semakin memperburuk citra maskapai Malaysia, setelah terjadinya dua insiden fatal Malaysia Airlines yang menewaskan lebih dari 500 orang di tahun yang sama.


(WIL)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

1 hour Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA