Kerja Sama Infrastruktur Indonesia-Rumania Belum Spesifik

Sonya Michaella    •    Rabu, 12 Oct 2016 10:28 WIB
indonesia-rumania
Kerja Sama Infrastruktur Indonesia-Rumania Belum Spesifik
Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Muhammad Anshor (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Muhammad Anshor mengatakan bahwa kerja sama infrastruktur antara Indonesia dan Rumania memang belum terlalu spesifik.
 
"Ini belum spesifik memang, tapi dengan economic commitee pada 2003, ada approach (pendekatan) yang baru dan fresh untuk memulai dan menggiatkan lagi," kata Anshor ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (12/10/2016).
 
Kerja sama infrastruktur Indonesia dan Rumania ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat menerima kunjungan perdana Menteri Luar Negeri Rumania, Lazar Comanescu.
 
"Kalau spesifik area cooperation memang belum fix benar, tapi kerja sama yang lain sudah, seperti pendidikan dan untuk pelatihan diplomat juga," lanjutnya lagi.
 
 
"Ini buat semua lapisan. Tidak hanya goverment dan bussiness. Ini kan kaitannya dengan kemudahan visa," tuturnya lagi.
 
Ia juga menegaskan bahwa Indonesia telah selangkah lebih maju dengan sudah menerapkan bebas visa untuk kunjungan singkat bagi warga Rumania ke Indonesia.
 
"Ini untuk kepentingan dua negara juga. Kalau sekarang kan masih tidak imbang dengan apa yang sudah kita terapkan. Tadi Bu Menlu sudah mengatakan kepada Menlu Rumania agar policy dan praktiknya ditinjau lagi," imbuh Anshor.


Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Rumania (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

 
Dalam bidang perdagangan, Anshor menambahkan bahwa Indonesia dan Rumania saling melengkapi satu sama lain.
 
"Tentu untuk tahun ke depan, melalui joint economy dan bilateral akan lebih spesifik lagi apa sih yang kita punya dan mereka punya, sehingga menambah nilai perdagangan," pungkasnya.
 
Diungkapkan pula bahwa Indonesia menginginkan kerja sama perdagangan langsung. Pasalnya, selama ini, perdagangan dua negara masih melalui pihak ketiga atau negara lain. 

(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA