Jokowi akan Sambangi Pengungsi Rohingya di Cox's Bazar

Sonya Michaella    •    Sabtu, 27 Jan 2018 17:12 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Jokowi akan Sambangi Pengungsi Rohingya di Cox's Bazar
Para pengungsi Rohingya di Coxs Bazar. (Foto: AFP)

Islamabad: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan agenda Presiden RI Joko Widodo setelah mengunjungi Pakistan, yaitu melawat ke Bangladesh.

"Nanti Presiden akan bertemu dengan Perdana Menteri Bangladesh dan yang penting, Presiden akan ke Cox's Bazar," kata Menlu Retno dalam video yang diterima Medcom.id, Sabtu 27 Januari 2018.

"Presiden juga akan melihat pelayanan kesehatan di lapangan. Kita terus berkomunikasi dengan Bangladesh untuk memberikan bantuan kepada pengungsi," lanjut dia.

Menlu Retno mengatakan, beban Pemerintah Bangladesh kini cukup berat karena harus menampung eksodus lebih dari 700 ribu pengungsi Rohingya karena krisis kemanusiaan yang terjadi di Rakhine sejak pertengahan tahun lalu.

"Bantuan kita tidak hanya sekali, tapi secara berkala. Maka kami juga berkomunikasi dengan Bangladesh, apa lagi yang Indonesia bisa bantu," tutur dia.

Bantuan kali ini sudah terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 24 Januari kemarin, yaitu berupa  makanan dan obat-obatan.

Ia memastikan, pihaknya akan terus mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Rohingya di Bangladesh. Pasalnya berdasarkan laporan yang diterima, para pengungsi masih membutuhkan bantuan.



(FJR)