Korsel Lakukan Latihan Gabungan dengan Tiga Kapal Induk AS

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 10 Nov 2017 16:12 WIB
korea selatan
Korsel Lakukan Latihan Gabungan dengan Tiga Kapal Induk AS
Militer AS siaga saat kunjungan Presiden Donald Trump ke Korea Selatan (Foto: AFP).

Seoul: Kapal perang Korea Selatan (Korsel) akan mengambil bagian dalam latihan bersama yang akan melibatkan tiga kapal induk Amerika Serikat (AS). Pejabat militer Seoul menuturkan latihan bersama ini untuk melawan Korea Utara (Korut).

Angkatan Laut AS menyebutkan ada tiga kapal mereka yang ikut dalam misi ini, yaitu USS Ronald Reagan, USS Nimitz dan USS Theodore Roosevelt. Ketiganya akan melakukan operasi terkoordinasi di perairan internasional di Pasifik Barat pada Sabtu dan Selasa mendatang.

Dilansir dari AFP, Jumat, 10 November 2017, tidak biasa bagi Washington menempatkan sekaligus tiga kapal induk mereka di tempat dan waktu yang sama. Komandan Armada Pasifik AS Scott Swift menuturkan ini adalah latihan pembawa ganda pertama sejak 2007.

Sementara itu, tujuh kapal angkatan laut Korsel, yang terdiri dari tiga kapal perusak dan empat kapal pengawal, akan ambil bagian dalam latihan tersebut.

"Kapal perang AS akan melakukan latihan pertahanan udara, pengawasan laut, pelatihan tempur udara defensif dan operasi pelatihan lainnya," sebut AL AS dalam sebuah pernyataan.

Latihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Seoul beberapa hari lalu. Tujuannya untuk menangkal ancaman dan rudal Korut yang terlihat kian besar.

Pada Rabu kemarin, Trump memperingatkan Pyongyang untuk tidak mencoba AS. Namun, lewat nadanya, Trump berusaha membujuk Korut agar berunding dalam damai mengenai program nuklir mereka.


(FJR)