Indonesia akan Bahas Penguatan Palestina di Forum Internasional

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 13:35 WIB
indonesia-palestina
Indonesia akan Bahas Penguatan Palestina di Forum Internasional
Menlu Retno Marsudi saat menghadiri Hari Solidaritas Palestina di Jakarta (Foto: UNIC).

Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh Al Maliki. Pertemuan ini direncanakan dihelat di Jakarta, 4 Desember mendatang.
 
Maliki juga akan menghadiri seminar internasional yang membahas kemerdekaan Palestina bertajuk 'Empowering People: Indonesia’s Support for Palestine' yang diselenggarakan di Kementerian Luar Negeri RI, di hari yang sama pula.
 
 
"Dalam pertemuan bilateral ini, dibahas perkembangan terakhir proses kemerdekaan Palestina dan upaya memperkuat Palestina di forum internasional," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis 30 November 2017.
 
"Selain itu juga akan dibahas bantuan kapasitas Indonesia ke Palestina. Seminar internasional soal Palestina juga akan membahas itu," lanjut dia.
 
Arrmanatha menjabarkan, seminar soal Palestina ini akan mengambil dua isu yakni bagaimana Indonesia memberikan capacity building atau pembangunan kapasitas kepada Palestina sejak 2008 silam.
 
"Saat ini ada 1.800 orang Palestina yang mengikuti capacity building dan menerima bantuan sebesar USD10 juta," ungkap dia.
 
Indonesia juga berkomitmen untuk membantu Palestina melalui CEAPAD, Asia-Afrika strategic partnership, dan Rumah Sakit Indonesia yang diinisiasi oleh MER-C.
 
Komitmen Indonesia ini ditunjukkan juga dengan hadirnya Menlu Retno di pembukaan pameran foto Palestina oleh Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jakarta, tadi pagi.
 
Dalam pidatonya, Menlu Retno menegaskan bahwa penjajahan di tanah Palestina harus segera dihentikan dan sudah waktunya bagi warga Palestina memiliki tanahnya sendiri.



(FJR)