Dubes Jepang Sebut Dunia Harus Terus Menekan Korut

Sonya Michaella    •    Kamis, 23 Nov 2017 16:44 WIB
jepangkorea utara
Dubes Jepang Sebut Dunia Harus Terus Menekan Korut
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengapresiasi gerak Amerika Serikat (AS) yang terus menekan Korut (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengapresiasi gerak Amerika Serikat (AS) yang terus menekan Korea Utara (Korut) untuk membuat negara tersebut berhenti menggunakan program nuklir balistik.

Baru saja AS memasukkan Korut ke dalam daftar gelap negara yang mendukung kegiatan terorisme. Tak hanya Jepang, Korea Selatan dan Australia pun mendukung langkah AS ini.

(Baca: AS Jatuhkan Sanksi atas 13 Organisasi Tiongkok dan Korut).

"Seperti yang telah dikatakan Perdana Menteri Shinzo Abe, Jepang sangat mengapresiasi dan mendukung gerak AS dalam memasukkan Korut sebagai negara pendukung terorisme di daftar hitam," ujar Dubes Ishii ketika ditemui di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Kamis 23 November 2017.

"Tepat bagi AS mengambil langkah ini, seperti apa yang telah didiskusikan di KTT ASEAN kemarin di Manila. Kita memang harus terus menekan Korut," ucap dia.

Presiden AS Donald Trump pun menjanjikan peningkatan sanksi segera terhadap Pyongyang setelah memasukkan nama negara tersebut ke dalam daftar hitam negara pendukung terorisme yang sebelumnya dipimpin oleh Iran dan Suriah. 

"Ini semestinya dilakukan sejak lama. Mestinya sudah dilakukan bertahun-tahun lalu," kata Trump, Senin kemarin di Gedung Putih.

Namun, saat berbicara dengan para pewarta setelah pertemuan kabinet, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan Washington masih berharap sanksi dan diplomasi dapat menekan Kim Jong-un untuk segera berunding mengenai perlucutan senjata nuklir Pyongyang. 

Tillerson mengatakan tindakan penghukuman telah berdampak signifikan pada perekonomian Korut meski Tiongkok belum menghentikan pengiriman pasokan minyak ke sana. 


(FJR)