Sidang Lanjutan Siti Aisyah Digelar Februari

Sonya Michaella    •    Senin, 08 Jan 2018 14:50 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Sidang Lanjutan Siti Aisyah Digelar Februari
Siti Aisyah dikawal saat hendak memasuki ruang pengadilan Shah Alam, Malaysia, 27 November 2017. (Foto: AFP/MOHD RASFAN)

Jakarta: Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, sidang lanjutan dari kasus Siti Aisyah akan berlangsung pada Februari mendatang.

"Sidang berlanjut nanti Februari. Tapi tidak menutup kemungkinan akan ada proses di luar sidang seperti cross examination," kata Iqbal ketika ditemui di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 9 Januari 2018.

"Terakhir kan 2017 kemarin masih dalam tahap penyampaian bukti dan saksi. Kalau sidang Doan (tersangka asal Vietnam) akan berlangsung Januari ini," lanjut dia lagi.

Namun, Iqbal belum mengetahui secara persis bagaimana agenda sidang untuk Siti Aisyah, Februari nanti. Dan juga belum ada jadwal agenda pembelaan.

"Sebelumnya nanti ada sidang penyampaian tuntutan tapi ya belum karena tuntutan kan belum disampaikan. Tapi kami terus berkoordinasi," ucap Iqbal lagi.

Baca: Pemerintah Pantau Siti Aisyah agar Mendapat Perlakuan Layak

Sudah hampir setahun sejak kasus ini bergulir pada 16 Februari 2016 di mana kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang bernama Kim Jong-nam ditemukan tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Jong-nam tewas diduga karena diracun dengan racun VX yang ditaruh oleh dua perempuan Asia, yakni Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam.

Dalam persidangan, kedua tersangka ini mengaku diminta untuk 'menjebak' Kim Jong-nam untuk reality show.

Mereka tak menyangka aksi mereka mengusapkan racun VX itu malah membuat sang target kehilangan nyawanya.

 


(WIL)