Api Melalap Rumah Sakit di Mumbai, Enam Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Selasa, 18 Dec 2018 10:57 WIB
kebakaranindia
Api Melalap Rumah Sakit di Mumbai, Enam Orang Tewas
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Mumbai: Sebanyak enam orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terlukan ketika kebakaran melanda sebuah rumah sakit di Mumbai, India. Kejadian ini menambah kekhawatiran mengenai keselamatan bencana kebakaran di India.

Api merebak sekitar pukul 4:00 sore waktu setempat pada Senin, 17 Desember. Dilaporkan, api muncul di lantai empat dari rumah sakit ESIC Kamgar yang dikelola pemerintah di pinggiran utara Andheri.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh badan manajemen bencana milik otoritas sipil, enam orang tewas dalam kejadian ini. Sementara sekitar 150 pasien, dokter dan perawat berhasil diselamatkan.

"Mereka diselamatkan dari lantai yang berbeda oleh petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga," kata seorang pejabat manajemen bencana kepada kantor berita Press Trust of India, seperti dikutip AFP, Selasa, 18 Desember 2018.

Badan itu menambahkan bahwa korban terluka kemudian dibawa ke rumah sakit lain untuk perawatan. Sedangkan penyebab kebakaran belum diketahui.

Kebakaran yang tidak disengaja merupakan hal yang umum di India karena standar keamanan yang buruk dan penegakan peraturan yang lemah. Api sangat umum muncul di Mumbai yang berpenduduk padat dan dikenal sebagai ibu kota keuangan India.

Pada Desember tahun lalu, setidaknya 14 orang tewas ketika api besar melalap restoran populer di kota. Di waktu yang sama kebakaran menyapu sebuah toko manisan di Mumbai, memicu runtuhnya bangunan yang menewaskan 12 pekerja saat tertidur.


(FJR)