Tanggapi Rudal Korut, Korsel Gelar Latihan Militer

Sonya Michaella    •    Senin, 04 Sep 2017 09:17 WIB
rudal korut
Tanggapi Rudal Korut, Korsel Gelar Latihan Militer
Latihan Korsel dengan AS pada 31 Agustus 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Menanggapi uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut) yang disertai bom hidrogen, Korea Selatan (Korsel) segera melakukan latihan militer.

Latihan ini melibatkan rudal darat dan rudal jarak jauh, serta rudal balistik. 

"Pelatihan tersebut datang sebagai tanggapan atas uji coba nuklir keenam Korut," sebut salah seorang kepala staf gabungan Korsel, dikutip dari Yonhap, Senin 4 September 2017.

Militer menambahkan, target latihan ditetapkan dengan mempertimbangkan jarak ke lokasi di Pyongyang dan latihan ini juga digunakan untuk melakukan pemogokan secara presisi dan memotong bala bantuan untuk Korut.

"Latihan ini masih memusatkan dengan pasukan Korsel. Namun, lebih banyak dipersiapkan dengan pasukan AS di Korsel," ujar dia.

Korut pun menyatakan telah sukses meledakkan sebuah bom hidrogen yang dirancang untuk dimasukkan ke dalam sebuah misil balistik jarak jauh.

Kantor berita pemerintah Korut, KCNA, menyebut bahwa peledakan bom hidrogen tersebut berjalan sempurna.

Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, Minggu 3 September 2017, gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter di wilayah timur laut Korut kemungkinan berasa dari "sebuah ledakan."

Laporan awal USGS menyebut kekuatan gempa di angka 5,6 SR dengan kedalaman 10 kilometer. Namun data itu direvisi menjadi 6,5 SR di kedalaman 0 km. 

 


(WIL)