Kapal Penyelamat Malta Bergerak ke Asia untuk Bantu Rohingya

Sonya Michaella    •    Selasa, 05 Sep 2017 12:07 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Kapal Penyelamat Malta Bergerak ke Asia untuk Bantu Rohingya
Kapal Phoenix milik Migrant Offshore Aid Station Foundation. (Foto: TIME)

Metrotvnews.com, Dhaka: Sebuah kapal penyelamat yang biasanya berfokus menyelamatkan para pengungsi di Afrika, kini bergerak menuju Asia dengan menyeberangi Laut Tengah.

Kapal bernama Phoenix ini diketahui milik Migrant Offshore Aid Station Foundation atau MOAS, yang berbasis di Malta. Yayasan ini telah menyelamatkan lebih dari 40 ribu pengungsi sejak 2014.

Dikutip dari TIME, Selasa 5 September 2017, kapal ini sekarang diperintahkan untuk menyelamatkan pengungsi Rohingya yang menyeberang ke perbatasan Bangladesh. 

Melewati Laut Tengah, kapal tersebut rencananya akan sampai di Teluk Benggala, Bangladesh, untuk memberi bantuan.

Sampai saat ini, dilaporkan hampir 90 ribu Rohingya melarikan diri dari Rakhine State karena bentrokan kembali pecah sejak 25 Agustus kemarin.

Untuk membicarakan bantuan ke pengungsi Rohingya, Indonesia pun terus berkomunikasi dengan Bangladesh. Hari ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pun sedang dalam perjalanan menuju Dhaka.

Rencananya, nanti sore waktu setempat, Menlu Retno akan bertemu dengan Menlu Bangladesh, hahidul Haque dan Perdana Menteri Bangladesh, Syekh Hasina untuk membicarakan krisis Rakhine State.

Utamanya, kedua pertemuan ini akan membahas bantuan Indonesia untuk Rohingya yang melarikan diri ke perbatasan Bangladesh.

 


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA