Azyumardi Azra Terima Penghargaan Tertinggi dari Kaisar Jepang

   •    Selasa, 07 Nov 2017 14:02 WIB
indonesia-jepang
Azyumardi Azra Terima Penghargaan Tertinggi dari Kaisar Jepang
Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra menyampaikan sambutan usai menerima penghargaan LIPI Sarwono Award di Auditorium LIPI, Jakarta, Rabu 23 Agustus 2017. (Foto: MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Tokyo: Azyumardi Azra, guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, menerima penghargaan 'The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star' dari pemerintah Jepang, Selasa 7 November 2017.

Ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan Negeri Sakura kepada tokoh non-Jepang. 'Gold and Silver Star' ini disematkan langsung oleh Kaisar Akihito di Istana Imperial Tokyo. 

Keputusan memberikan penghargaan dan sertifikàt kepada Azyumardi telah disampaikan Perdana Menteri Shinzo Abe. Dalam kutipan keputusan penganugerahan penghargaan, Azyumardi disebutkan telah "berkontribusi penting dalam meningkatkan pertukaran akademis dan rasa saling pengertian antara Jepang dengan Indonesia."

Ketika menjabat Rektor UIN Jakarta pada periode 1998-2006, Azyumardi adalah inisiator program Japan-Indonesia Friendship Memorial untuk pembangunan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah (2003-2006).

Selain itu, ia juga merupakan inisiator program kunjungan dua pekan kiai muda pimpinan pesantren ke Jepang. Program ini terselenggara sejak 2004 sampai sekarang. 

Azyumardi pernah menduduki jabatan Deputi Kesra di Sekretariat Wakil Presiden RI (2007-2009), dan kini Staf Khusus Wapres RI Bidang Reformasi Birokrasi.

Ia juga sering menjadi narasumber dalam berbagai konferensi dan dialog yang disponsori Sasakawa Peace Foundation Tokyo untuk perdamaian dan demokrasi berdasarkan pengalaman Indonesia di Amman, Doha, Kuala Lumpur, Jakarta dan Brussels.


(WIL)