Mobil Mewah Bekas KTT APEC Papua Nugini Dilaporkan Hilang

Fajar Nugraha    •    Selasa, 12 Feb 2019 19:07 WIB
apecpapua nugini
Mobil Mewah Bekas KTT APEC Papua Nugini Dilaporkan Hilang
Mobil mewah Maserati yang diimpor oleh Papua Nugini dari Italia. (Foto: AirBridge Cargo Airlines).

Port Moresby: Pada pelaksanaan konferensi tingkat tinggi Asia Pasific Economy Cooperation (APEC) tahun lalu, Pemerintah Papua Nugini mengeluarkan dana besar untuk pengadaan mobil para pemimpin yang hadir. Namun beberapa mobil mewah itu kini dilaporkan hilang.

Baca juga: Papua Nugini Impor 40 Sedan Mewah untuk APEC.

Pada pelaksanaan KTT APEC 17-18 November 2018 lalu, Papua Nugini membeli sedan sport Maserati Quattroporte. Mobil mewah asal Italia itu dibandrol hingga seharga Rp4,8 miliar.

Usai KTT, Pemerintah Papua Nugini berjanji untuk menutup sebagian biaya mengimpor mobil itu dengan menjualnya. Namun pihak pemerintah mengenai tidak mengetahui keberadaan dari mobil-mobil yang hilang.

"Satuan polisi telah dibentuk di Distrik Ibu Kota Nasional untuk memulai pemulihan semua aset negara termasuk kendaraan yang dibeli untuk pertemuan APEC," kata polisi dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Selasa, 12 Februari 2019.

Polisi tidak menanggapi permintaan perincian tentang berapa banyak mobil yang hilang atau siapa yang dicurigai membawa mobil mewah itu. Sebelumnya pembelian mobil itu mendapatkan kritikan.

Perdana Menteri Peter O'Neill mengatakan mobil-mobil mewah diperlukan untuk menjaga prestise acara tersebut.

Selama pertemuan puncak, mereka terlihat diparkir berhari-hari di sebuah gudang dekat dermaga. Polisi mengatakan mereka telah menangkap seorang pria yang menggunakan kredensial APEC untuk memasuki dermaga dan menyedot bahan bakar dari kendaraan.


(FJR)