Senator Filipina Tantang Duterte Tes Urine

Sonya Michaella    •    Kamis, 06 Dec 2018 13:18 WIB
filipina
Senator Filipina Tantang Duterte Tes Urine
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP)

Manila: Seorang senator Filipina menantang Presiden Rodrigo Duterte untuk melakukan tes urine. Tes ini akan menunjukkan apakah Duterte positif menggunakan narkoba atau tidak.

Tantangan ini muncul setelah Duterte bergurau ia menggunakan ganja selama pertemuan puncak KTT ASEAN di Singapura agar tetap terjaga.

"Sekarang, saya ingin meminta dia untuk melakukan tes positif narkoba," kata Senator Antonio Trillanes, dikutip dari AFP, Kamis 6 Desember 2018.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo, mengatakan bahwa Duterte tidak akan menerima tantangan tersebut.

Baca: Duterte Berkelakar Pakai Narkoba di KTT ASEAN

"Justru ia yang seharusnya menjalani tes (urine) tersebut," ucap Panelo.

Dalam sebuah pidato di upacara Senin 3 Desember kemarin, Duterte sempat berkelakar bahwa ia menggunakan ganja saat pelaksanaan KTT ASEAN.

"Jika saya mengatakan itu lelucon, ya itu memang lelucon. Jika Anda percaya, maka Anda bodoh," serunya.

Duterte dikenal karena sangat tegas dalam memerangi narkoba. Dia memerintahkan polisi untuk membunuh mereka yang terlibat kasus narkoba.

Tercatat lebih dari 4.800 tersangka narkoba yang ditembak mati usai Duterte dilantik sebagai presiden pada 2016. Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengecam kebijakan itu sebagai eksekusi di luar proses hukum. Mereka mengatakan penindakan tidak adil itu banyak ditujukan pada orang miskin, daripada para gembong dalam perdagangan gelap.



(FJR)