Buronan 1MDB Terjerat Tudingan Pencucian Uang

Sonya Michaella    •    Rabu, 05 Dec 2018 16:09 WIB
politik malaysia1mdb
Buronan 1MDB Terjerat Tudingan Pencucian Uang
Low Taek Jho. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Buronan skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Low Taek Jho, kini menghadapi tuduhan baru. Low diduga melakukan pencucian uang senilai lebih dari USD10 miliar.

Pencucian uang ini diduga dilakukan antara tahun 2009 hingga 2014. Kasus ini sudah bergulir di Pengadilan Kuala Lumpur, Selasa 4 Desember 2018.

Dilansir dari AFP, Rabu 5 Desember 2018, selain Low, ada empat pebisnis lainnya yang diduga terjerat kasus 1MDB, termasuk manajer pengembangan bisnis dan direktur keuangan proyek tersebut.

"Satu surat perintah penangkapan telah diperoleh dari pengadilan dan upaya-upaya sedang ditingkatkan untuk menangkap lima orang tersebut," kata Inspektur Jenderal Polisi Diraja Malaysia Mohamad Fuzi Harun.

Baca: Nama Jho Low Dihapus dari Laporan Audit 1MDB

Selama ini Low dikenal sebagai teman baik mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Dia juga disebut memiliki kekebalan hukum saat Najib masih menjabat sebagai PM.

Saat ini, keberadaan Low belum diketahui. Sempat diberitakan Low berada di Tiongkok. PM Mahathir Mohamad meminta Negeri Tirai Bambu untuk mengembalikan Low meski kedua negara tak memiliki perjanjian ekstradisi.

Low disebut memiliki beberapa paspor sehingga ia dapat dengan cepat berpindah dari negara satu ke negara lainnya. Ia sempat disebut-sebut tinggal di Tiongkok.

Sebelumnya, ia disebut singgah di Hong Kong, Phuket, Makau, Shanghai dan Bangkok. Pihak imigrasi Malaysia bahkan meyakini bahwa Low memiliki paspor Karibia.


(WIL)