Korsel Berterima Kasih kepada Indonesia

Sonya Michaella    •    Rabu, 02 May 2018 17:13 WIB
korsel-korutindonesia-korsel
Korsel Berterima Kasih kepada Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Lim Sung-nam (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Korea Selatan berterima kasih kepada Indonesia atas peran pemerintah mendukung perdamaian di Semenanjung Korea. Ucapan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Lim Sung-nam saat berkunjung ke Indonesia dan diterima oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Korsel mengucapkan terima kasih atas peran dan dukungan Indonesia terhadap perdamaian Semenanjung Korea," kata Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 2 Mei 2018. Selain ke Indonesia, menurut Retno, Wamenlu Korsel juga mengunjungi Singapura yang tahun ini menjadi Ketua ASEAN.

(Baca: Deklarasi Panmunjom Ditandatangani, Korsel-Korut Sepakat Denuklirisasi).
 
Tapi, Retno tak mau menyinggung banyak perihal niat Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat. Jokowi menyampaikan tawaran itu saat bertemu Duta Besar Korut untuk Indonesia An Kwang Il, kemarin.

"Yang pasti kita siap jadi tuan rumah jika diminta," ujar Retno.

Yang pasti, tambah Retno, sehari sebelum pertemuan antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un terlaksana, dirinya sempat ditelepon Menlu Korsel yang juga mengucapkan terima kasih atas posisi Indonesia selama ini.


(FJR)