Dubes Myanmar Temui Menlu Retno Bahas Bantuan Kemanusiaan

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 12 Sep 2017 17:10 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Dubes Myanmar Temui Menlu Retno Bahas Bantuan Kemanusiaan
Menlu Retno L.P Marsudi usai menerima Dubes Myanmar untuk Indonesia (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye menemui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Pertemuan keduanya membahas mengenai pengiriman bantuan kemanusiaan ke Rakhine State.
 
Menlu Retno, kepada para awak media menuturkan, fokus pertemuan keduanya adalah menyampaikan kekhawatiran, harapan akan stabilitas dan keamanan di Myanmar, khususnya Rakhine dapat dikembalikan.
 
"Fokus pertemuan tadi adalah mengulang bagaimana besarnya concern masyarakat Indonesia terhadap krisis kemanusiaan di Rakhine State. Saya jelaskan kembali masalah usulan kita formula 4+1, saya jelaskan satu per satu," ujar Retno, di kantornya, Selasa 12 September 2017.
 
 
Retno mengungkapkan tadi pagi melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Myanmar khusus membahas bantuan kemanusiaan. Selain itu, Menlu Retno juga menelepon Menlu Bangladesh.
 
"Dengan Myanmar saya masih menunggu modalities (metode) yang akan disepakati oleh pemerintah Myanmar dengan red cross movement. Sudah ada kesepakatan," imbuh dia.
 
Menurut Retno, maksudnya adalah pemerintah Myanmar setuju membuka pintu bantuan kemanusiaan bagi negara lain. Namun, untuk penyalurannya tetap dilakukan Pemerintah Myanmar dibantu oleh Presiden Palang Merah Internasional (ICRC).
 
 
Menlu Retno meminta kepada Pemerintah Myanmar dan Presiden ICRC untuk segera memberikan daftar kebutuhan yang diperlukan masyarakat etnis Rohingya di Rakhine. 
 
Indonesia merupakan negara satu-satunya yang diberikan akses masuk untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan di Rakhine. Meski demikian, bantuan masih belum bisa disalurkan karena mekanisme belum selesai dibahas oleh pemerintah Myanmar dengan ICRC.

 

 
(FJR)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

8 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA