Kapal Angkut Puluhan Rohingya Terbalik, Lima Tewas

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Sep 2017 17:26 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Kapal Angkut Puluhan Rohingya Terbalik, Lima Tewas
Kapal yang membawa puluhan pengungsi Rohingya terbalik di Teluk Bangla. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Dhaka: Setidaknya lima orang pengungsi Rohingya dilaporkan tewas tenggelam di Teluk Benggala saat sebuah kapal yang mengangkut puluhan orang, terbalik.

Pejabat polisi Bangladesh, Yakub Ali, mengatakan bahwa kapal tersebut membawa sekitar 35 pengungsi Rohingya. Namun, tak diketahui berapa orang yang hilang dan berapa orang yang berhasil diselamatkan.

Dikutip dari Independent, Rabu 6 September 2017, tidak jelas dari mana kapal ini mengangkut para pengungsi Rohingya. Diperkirakan, pengangkutan dimulai dari perbatasan Myanmar dan Bangladesh.

Di samping itu, Organisasi relawan di Malta yang tergabung dalam Pusat Bantuan Migran Perairan (MOAS) menyatakan siap membantu para pengungsi dari etnis Rohingya.

Mereka akan mengirim kapal penyelamat guna menampung pengungsi Rohingya yang memilih jalur laut untuk mengungsi.

Kapal penyelamat MOAS bernama Phoenix ini biasanya berlayar di Laut Mediterania. Jalur tersebut dikenal sebagai akses para pencari suaka asal Afrika untuk menyeberang ke Eropa.

 relawan MOAS menyebut kapal mereka akan berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh. Nantinya, para pengungsi akan naik kapal sehingga bisa melarikan diri dari zona konflik.

Kelompok ini mengaku tergerak membantu Rohingya karena pemimpin tertinggi Gereja Katolik di Vatikan, Paus Fransiskus, telah meminta mereka membantu korban kekerasan di utara negara bagian Rakhine, Myanmar.

 


(WIL)