Mesin Rusak, Pesawat Japan Airlines Mendarat Darurat

Fajar Nugraha    •    Selasa, 05 Sep 2017 12:42 WIB
pesawat
Mesin Rusak, Pesawat Japan Airlines Mendarat Darurat
Pesawat Japan Airlines saat lepas landas dari Jepang (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Tokyo: Sebuah pesawat Japan Airlines (JAL) terpaksa melakukan pendaratan darurat, setelah mengalami kerusakan mesin.
 
Pesawat yang baru saja lepas landas dari Bandara Haneda ini, dalam perjalanan menuju New York, Amerika Serikat (AS). Namun baru satu jam mengudara, pesawat itu diterjang burung dan melakukan pendaratan darurat.
 
Foto yang dirilis oleh NHK menunjukkan pesawat berhasil mendarat dengan selamat kembali ke Bandara Haneda. Pesawat jenis Boeing 777 itu diketahui membawa 233 penumpang dan 15 awak kabin.
 
"Seekor burung terhisap ke dalam mesin sebelah kiri, saat pesawat lepas landas," ujar Juru Bicara JAL, seperti dikutip AFP, Selasa 5 September 2017.
 
"Pesawat kemudian membuat bahan bakar di udara, untuk mengurangi berat sebelum mendarat," imbuhnya.
 
Seorang pejabat negara Jepang menyebutkan bahwa sebuah bagian bandara yang dipenuhi rumput, sempat terbakar setelah pesawat JAL itu lepas landas. Namun api berhasil dipadamkan.
 
"Kami tutup landasan ini karena khawatir adanya puing jatuh dari pesawat," jelasnya.
 
Tidak ada laporan kerusakan dari pesawat ataupun korban terluka dari penumpang. Selain itu, tidak ada penundaan jadwal penerbangan usai insiden tersebut.
 
Bandara Haneda merupakan bandara tersibuk kelima di dunia. Menurut Airports Council International, bandara ini melayani lebih dari 75 juta penumpang setiap tahunnya.



(FJR)