KJRI Johor Lakukan Koordinasi Terkait Hilangnya 6 ABK di Malaysia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 16 Jun 2017 09:58 WIB
wni
KJRI Johor Lakukan Koordinasi Terkait Hilangnya 6 ABK di Malaysia
Jejak minyak dari lokasi di mana kapal MT Putri Sea dilaporkan hilang (Foto: MMEA).

Metrotvnews.com, Johor: Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor berupaya menghubungi keluarga dari enam anak buah kapal warga negara Indonesia yang dikabarkan hilang di perairan Malaysia.
 
 
Enam ABK WNI itu bekerja untuk kapal dagang (di berita sebelumnya disebut kapal tanker), MT Putri Sea. Kapal terbakar dan dilaporkan tenggelam di sekitar 4,6 mil laut lepas pantai Tanjung Pengelih, Johor.
 
"Dilaporkan semua awak berhasil keluar dari kapal," ujar Konjen RI di Johor, Haris Nugroho saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat 16 Juni 2017.
 
Kapal Malaysia dari Tanjung Sedili dikirim ke posisi di mana kapal dilaporkan terakhir terlihat. Namun tidak tampak keenam ABK WNI tersebut.
 
"Seterusnya kapal pencari Malaysia melakukan pemantauan dan pencarian. Terdapat tumpukan minyak yang dipercayai berasal dari kapal yang terbakar itu," jelas Haris.
 
Jabatan Laut dan Lembaga Pelabuhan Johor juga telah pergi ke lokasi bagi memantau tumpahan minyak yang berlaku. Didapati minyak timbul ke permukaan di lokasi berhampiran lokasi yang dilaporkan kebakaran berlaku. Dipercayai kapal tersebut telah karam akibat kebakaran.
 
"Tindakan seterusnya menunggu pihak Jabatan Laut meletakan penanda di lokasi dan tindakan mengawal tumpahan minyak. SAR telah diaktifkan mencari enam orang kru yang masih hilang," imbuh Haris.
 
Hingga saat ini KJRI Johor Baru melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Malaysia. 
 
"Kami sedang menelusuri Keluarga yang bisa dihubungi dan satgas perlindungan WNI KJRI Johor Baru telah membuka pelayanan 24 jam," tegasnya.
 
Pihak KJRI juga melakukan koordinasi dgn KBRI Singapura karena posisi kejadian dekat perbatasan Malaysia dan Singapura. Dapat dipastikan bahwa keenam ABK WNI itu adalah pekerja legal yang memiliki surat resmi.



(FJR)