Menderita Infeksi Paru-Paru, Ratu Thailand Dirawat

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 13:41 WIB
thailand
Menderita Infeksi Paru-Paru, Ratu Thailand Dirawat
Ratu Thailand, Sirikit saat mendampingi Raja Bhumibol Adulyadej (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Istana Kerajaan Thailand atau Royal Palace membenarkan bahwa Ratu Sirikit sedang dirawat di rumah sakit akibat infeksi paru-paru, satu bulan setelah Raja Bhumibol Adulyadej meninggal.

Pernyataan yang dikeluarkan Royal Palace, kemarin, menyebutkan Ratu Sirikit yang berusia 84 tahun menderita demam tinggi sejak Rabu. Ia dibawa ke rumah sakti Chulalongkorn dan dilaporkan kini kondisinya membaik.

"Demam Ratu sudah turun, dilaporkan dokter keadaannya cukup baik dan sekarang ia sudah bisa makan," sebut Royal Palace dalam pernyatannya, seperti dikutip Asian Correspondent, Jumat (18/11/2016).

Infeksi paru-paru Ratu pun diketahui telah diberi antibiotik via penyinaran X-Ray. Bertahun-tahun, Ratu Sirikit memang memiliki catatan kesehatan yang buruk.

Ratu Sirikit juga diketahui menderita penyakit stroke. Karena kondisinya, Ratu sering di rawat di rumah sakit tempat Raja Bhumibol juga dirawat, Rumah Sakit Siriraj.

Ratu juga sudah jarang terlihat di depan umum sejak dirawat di rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir. Ia terakhir terlihat di publik pada 14 Oktober kemarin saat mendampingi iring-iringan peti Raja Bhumibol dari rumah sakit ke Grand Palace.

Suaminya, Raja Bhumibol, meninggal pada 13 Oktober lalu setelah berjuang melawan beberapa penyakit selama bertahun-tahun. Thailand pun menetapkan masa berkabung selama satu tahun.

Kematian Raja Bhumibol sangat menyebabkan kedukaan mendalam bagi keluarga kerajaan, pemerintah dan juga rakyat Thailand. Tak hanya itu, kedukaan juga meliputi negara-negara ASEAN.

Hingga kini, masyarakat Thailand pun masih memakai pakaian berwarna hitam sebagai tanda berkabung. Begitu pun turis yang berkunjung dan berwisata ke Thailand, diharapkan memakai pakaian warna hitam dan berperilaku yang tepat.

 


(FJR)