Dua Astronot Tiongkok Tiba di Laboratorium Luar Angkasa

Sonya Michaella    •    Rabu, 19 Oct 2016 12:34 WIB
luar angkasa
Dua Astronot Tiongkok Tiba di Laboratorium Luar Angkasa
Dua astronot Tiongkok berhasil mendarat di luar angkasa (Foto: METROTV)

Metrotvnews.com, Beijing: Dua astronot asal Tiongkok berhasil mendarat di luar angkasa, tepatnya di ruang laboratorium untuk pertama kalinya.

"Komandan misi Jing Haipeng adalah yang pertama 'mengapung' di ruang laboratorium. Mereka akan tinggal di sana selama 30 hari," tulis kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, Rabu (19/10/2016).

Mereka akan membuat persiapan modul dasar untuk stasiun luar angkasa pertama milik Tiongkok, sebelum kembali ke Bumi. Negeri Tirai Bambu kini semakin dekat mengejar ambisi mendirikan stasiun luar angkasa berawak secara permanen pada 2022.

Dua astronot ini berasal dari pesawat Shenzhou-11 yang berhasil diluncurkan pada Senin 17 Oktober lalu, pagi hari waktu setempat.

Laboratorium Tiangong 2 yang diluncurkan pada September lalu terletak di 393 kilometer di atas Bumi. Laboratorium ini memiliki dua kabin, yaitu sebuah ruang percobaan yang tertutup rapat sekaligus tempat tinggal dan satunya lagi tempat penyimpanan alat-alat.

Dalam misi ini, Tiongkok menggelontorkan miliaran dolar untuk program luar angkasa ini, dengan harapan Tiongkok bisa menyaingi Amerika Serikat dan Rusia.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengirimkan pesan kepada dua astronot tersebut untuk berkontribusi penuh dalam pembangunan Tiongkok di kekuatan ruang.

Tiongkok menganggap program ini sebagai lambang kemajuan negara dan penanda pertumbuhan global. Namun, Tiongkok sadar bahwa program ini masih membutuhkan waktu yang lama untuk setara dengan AS.

 


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA