Diikuti 5.000 Peserta, FPCI Raih Rekor Muri

Sonya Michaella    •    Minggu, 18 Sep 2016 09:36 WIB
diplomasi luar negeri
Diikuti 5.000 Peserta, FPCI Raih Rekor Muri
Pendiri FPCI Dino Patti Djalal (kanan) dalam forum bertajuk CIFP 2016 di Kota Kasablanca, Jakarta, 17 September 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendiri Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengungkapkan konferensi tentang politik internasional miliknya diharapkan dapat menginspirasi anak muda untuk berdiplomasi.

"Harapan saya tentu diplomasi terus cemerlang ke depannya dan dengan campur tangan generasi muda," ungkap Dino ketika ditemui di acara forum FPCI bertajuk CIFP 2016 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

FPCI dibentuk dua tahun lalu. Konferensi internasional ini kembali menarik antusiasme generasi muda di tahun kedua penyelenggaraan. "Ini organisasi dengan akar kuat di multi stakeholder-nya. Kami memang bergerak di bidang politik dan diplomasi internasional," tuturnya kembali.

Dari dulu, kata Dino, Indonesia adalah pelopor di dunia internasional. Harapannya, Indonesia terus menjadi negara yang sukses di dunia internasional.

Digelarnya konferensi ini membuat FPCI mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena dihadiri hampir 5.000 peserta.

"Karena ini forum internasional yang bisa meraup peserta sebanyak ini. Biasanya, forum seperti ini, 200 peserta saja tidak sampai," pungkas mantan wakil menteri luar negeri itu..

Turut hadir dalam forum FPCI sejumlah pembicara handal dari Kemenlu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao, dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain dari dunia politik, hadir pula tamu dari kalangan selebritis yang dianggap berhasil melakukan diplomasi internasional, seperti Chelsea Islan, Farah Quinn dan presenter Metro TV, Andini Effendi.


(WIL)