Wamenlu: Indonesia Harus Tampil sebagai Negara Pemberi Solusi

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Sep 2016 10:56 WIB
diplomasi luar negeri
Wamenlu: Indonesia Harus Tampil sebagai Negara Pemberi Solusi
Wamenlu A.M Fachir membuka acara Conference on Indonesian Foreign Policy (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi dunia internasional saat ini dinilai sanga memprihatinkan. Suriah, Irak dan Afghanistan, adalah beberapa negara yang dinilai sarat dengan konflik saat ini.
 
Apapun kondisi dunia saat ini, Indonesia harus tampil sebagai negara pemberi solusi atau problem solver.
 
Tak hanya memberi solusi dan ikut berkontribusi dalam perdamaian dunia, namun juga memperjuangkan kemerdekaan negara lain.
 
"Kemerdekaan, kita masih berutang dengan Palestina. Itu jadi kewajiban kita agar mereka merdeka," ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir dalam acara Conference on Indonesian Foreign Policy, di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).
 
"Perdamaian abadi, di berbagai negara sedang alami konflik perang ketegangan maka kita harus tampil mencari solusi dari kejadian tersebut," lanjutnya.
 
Wamenlu Fachir mewakili Menlu RI Retno Marsudi yang kini sedang berada di Pulau Margarita, Venezuela untuk menghadiri KTT Gerakan Non Blok (GNB).
 
"Menlu RI, membawa nama Indonesia sebagai salah satu negara yang ikut mendirikan GNB akan membawa pandangan-pandangan Indonesia dan keadilan sosial di sana," ucapnya.
 
Tentu, kata dia, dunia internasional masih merasakan bahwa nilai-nilai global masih belum adil.
 
Hal itu ditunjukkan Indonesia dengan politik internasional bersifat bebas aktif dan juga hubungan bilateral atau multilateral dengan negara-negara lain.
 
"Semua orang bisa menjadi diplomat dan tak ada aspek di kehidupan sekarang yang lepas dari diplomasi," pungkasnya.



(FJR)