Sambangi Malaysia, Menlu Blusukan ke Penang dan Johor Baru

Sonya Michaella    •    Rabu, 15 Mar 2017 15:21 WIB
perlindungan wni
Sambangi Malaysia, Menlu Blusukan ke Penang dan Johor Baru
Menlu Retno L.P Marsudi (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kunjungan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi kali ini ke Malaysia, tidak dijadwalkan Menlu Retno akan ke Kuala Lumpur dan menemui Siti Aisyah.
 
Siti Aisyah adalah WNI yang diduga menjadi salah satu pelaku pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, yaitu Kim Jong-nam. Siti Aisyah kini ditahan di Kuala Lumpur.
 
 
"Fokus kunjungan Menlu kali ini untuk penguatan perlindungan WNI di Penang dan Johor Baru. Belum ada rencana ke Kuala Lumpur untuk membahas atau melihat kasus SA maupun yang lainnya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 15 Maret 2017.
 
"Jika ada kesempatan dan waktu, pasti Menlu akan ke sana. Saat ini memang fokusnya untuk melihat WNI," lanjutnya.
 
Arrmanatha menambahkan, saat ini proses hukum Siti Aisyah sudah berjalan. Pengacara yang ditunjuk sudah melakukan substansinya sehingga pembelaan sudah masuk ketiga kalinya.
 
"Berbagai fakta terus dihimpun pengacara untuk persidangan ini," tegas Arrmanatha.
 
Kunjungan Menlu Retno ini dimulai dari 15 Maret hingga 17 Maret mendatang. Saat ini, Menlu Retno dilaporkan sudah berada di Penang.
 
Dikatakan Arrmanatha, kunjungan Menlu Retno kali ini ke Penang dan Johor Baru adalah yang pertama kali setelah 30 tahun tidak ada peninjauan WNI di Malaysia.
 
"Ini membuktikan betapa fokusnya pemerintah saat ini untuk perlindungan WNI di luar negeri, khususnya dua wilayah ini, juga menerapkan tiga strategi perlindungan WNI yaitu pencegahan, deteksi dini dan respons cepat," tuturnya.



(FJR)