Imbas Menyakitkan Dialami Maladewa Akibat Flu Burung

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 18 Mar 2017 13:59 WIB
raja salman
Imbas Menyakitkan Dialami Maladewa Akibat Flu Burung
Raja Salman bersama Presiden Maladewa (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Male: Maladewa terkena wabah flu parah. Beberapa kasus bahkan menunjuk wabah flu burung, H1N1.
 
Tidak hanya flu burung, wabah flu yang melanda bahkan juga termasuk flu babi. Pemerintah pun berupaya keras untuk mengatasi wabah ini.
 
Kerugian besar dialami oleh Pemerintah Maladewa akibat wabah yang terjadi ini. Salah satu yang berpengaruh adalah dibatalkannya kunjungan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdullaziz al Saud ke negara yang dikenal akan wisatanya.
 
"Kunjungan ke Maladewa harus ditunda karena munculnya wabah flu di negara itu," ujar pernyataan Pemerintah Arab Saudi, seperti dikutip Reuters, Sabtu 18 Maret 2017.
 
Pemerintah Maladewa sebelumnya sudah merencanakan peresmian proyek yang didanai jutaan dolar dari Arab Saudi. Salah satunya adalah proyek wisata mewah.
 
Proyek itu bukan tanpa kontroversi. Pihak oposisi pemerintah menuduh bahwa beberapa pulau di negara itu akan dijual ke Arab Saudi, sebuah tuduhan yang kemudian dibantah oleh pemerintah.

Partai Demokratik Maladewa yang dipimpin oleh Mantan Presiden Maladewa Mohamed Nasheed menyebutkan, proyek itu secara efektif memberikan kekuasaan kepada pihak asing di Pulau Karang Faafu. Menurutnya ini merupakan bentuk kolonialisasi dari Arab Saudi. Meskipun dikenal reputasinya sebagai surga wisata, negara kepulauan itu dihadapkan pada masalah terorisme. Terutama banyaknya pemuda dari Maladewa yang bergabung dengan kelompok Islamic State (ISIS)/

Pihak oposisi menyebutkan bahwa kehadiran Arab Saudi di negaranya bisa menambah radikalisasi tumbuh di Maladewa.



(FJR)