Polisi India Bunuh Enam Pemberontak Maois

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Nov 2016 17:52 WIB
konflik india
Polisi India Bunuh Enam Pemberontak Maois
Polisi India mendengarkan instruksi sebelum berpatroli di distrik Giridih, Jharkhand, 7 Agustus 2015. (Foto: AFP/DIBYANGSHU SARKAR)

Metrotvnews.com, Jharkhand: Enam pemberontak Maois tewas dalam baku tembak sengit dengan polisi di timur India. 

Polisi mulai melepaskan tembakan setelah diserang pemberontak dalam sebuah operasi pencarian di distrik Latehar, negara bagian Jharkhand, Rabu 23 November. Wilayah tersebut dikenal sebagai markas besar Maois.

"Area dikelilingi hutan lebat dan telah menjadi markas pemberontak sejak 15 tahun terakhir," ujar petugas polisi Anoop Birtharay, seperti disitat AFP

"Baku tembak berlangsung 45-50 menit. Kami telah menemukan enam jasad Maoist yang mengenakan baju militer hitam khas mereka," sambung dia. 

Usai baku tembak, petugas menyita enam senjata api dan sekitar 500 amunisi. 

Maois telah memberontak selama berdekade-dekade untuk menggulingkan pemerintahan India. Intensitas konflik meningkat sejak terpilihnya Narendra Modi sebagai perdana menteri India pada 2014. 

Pada Oktober, polisi India membunuh 24 pemberontak yang dikenal dengan sebutan Naxal, setelah sempat disergap di dekat perbatasan negara bagian Andhra Pradesh dan Odisha. 

Pemberontak bergerak paling aktif di zona bernama "Red Corridor" yang meliputi sebagian besar wilayah pusat dan timur India. 

Sejumlah kritikus menilai usaha mengalahkan pemberontak dengan operasi militer akan berakhir sia-sia. Solusi yang dianggap terbaik adalah perbaikan tata pemerintahan serta pengembangan daerah-daerah terpencil.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA