Bangladesh akan Pulangkan Puluhan Rohingya ke Myanmar

Sonya Michaella    •    Kamis, 24 Nov 2016 08:43 WIB
konflik myanmarrohingya
Bangladesh akan Pulangkan Puluhan Rohingya ke Myanmar
Sejumlah Rohingya yang dijaga oleh polisi Bangladesh di perbatasan (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Dhaka: Kepolisian Bangladesh direncanakan akan memulangkan 70 orang Rohingya yang ditahan di perbatasan.

Mereka ditahan saat mencoba kabur dari Myanmar untuk menghindari konflik akibat kekerasan militer di Rakhine selama sebulan terakhir.

"Kami menangkap mereka setelah masuk ke Bangladesh secara ilegal. Mereka akan segera dipulangkan," kata kepala kepolisian Cox's Bazar, Shyamol Kumar Nath, seperti dikutip BBC, Kamis (24/11/2016). 

Bangladesh pun telah memanggil duta besar Myanmar untuk mengungkapkan keprihatinan mendalam atas operasi militer yang memaksa ribuan minoritas Rohingyya melarikan diri ke desa-desa perbatasan.

"Kementerian Luar Negeri Bangladesh meminta Myanmar untuk memastikan integritas perbatasannya dan menghentikan masuknya orang-orang dari Rakhine," ucap salah seorang pejabat dari Kemenlu Bangladesh.

Ribuan orang dilaporkan telah berkumpul di perbatasan untuk menyeberang ke Bangladesh. Kemenlu Bangladesh pun menegaskan bahwa patroli perbatasan telah ditingkatkan dan akan mengirimkan Rohingya untuk kembali ke asalnya.

Pihak berwenang Bangladesh juga menegaskan bahwa mereka telah mengirim 20 kapal yang totalnya berisi 150 orang untuk kembali ke Myanmar sebagai upaya menghentikan masukknya Rohingya.

Awal pekan ini, Human Rights Watch merilis gambar satelit bahwa ratusan rumah pemukiman Rohingya telah diruntuhkan di desa-desa, selama enam pekan terakhir.

Rohingya, yang jumlahnya terhitung sekitar satu juta orang, dilihat oleh mayoritas Buddha Rakhine sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.

Mereka tidak diberikan kewarganegaraan Myanmar oleh pemerintah Myanmar walaupun banyak dari mereka yang tinggal di sana selama beberapa generasi.

 


(FJR)