Suksesi Monarki Thailand Dilakukan 15 Hari Setelah Raja Wafat

Fajar Nugraha    •    Selasa, 18 Oct 2016 15:57 WIB
raja thailand
Suksesi Monarki Thailand Dilakukan 15 Hari Setelah Raja Wafat
Putra Mahkota Kerajaan Thailand Maha Vajiralongkorn (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan Ocha memperingatkan rakyatnya bahwa suksesi monarki akan dilakukan setelah 15 hari Raja Bhumibol Adulyadej wafat.
 
Raja Bhumibol pada 13 Oktober lalu dan saat ini singgasana kerajaan masih kosong. Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn diyakini akan meneruskan monarki Thailand.
 
PM Prayuth juga menenangkan seluruh rakyat Thailand baik di dalam maupun di luar negeri. Menurutnya suksesi akan berjalan sesuai konstitusi. (Baca: Junta Militer Thailand Kendalikan Transisi Kerajaan).
 
"Mengenai suksesi, semua akan berjalan sesuai dengan konstitusi. Seluruh rakyat di Thailand dan di luar negeri tidak perlu khawatir," ujar PM Prayuth, seperti dikutip Reuters, Selasa (18/10/2016).
 
"Setelah 15 hari berkabung, akan menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan pasal 23 konstitusi (pengangkatan raja baru)," tutur Prayuth.
 
 
Sebelumnya pada pekan lalu, Prayuth sudah memastikan bahwa upacara naik takhta dari Pangeran Vajiralongkorn akan berlangsung setelah kremasi Raja Bhumibol. Upacara ini sejalan dengan masa berkabung satu tahun yang sudah ditetapkan sebelumnya.
 
Naik takhta dari Vajiralongkorn bisa dilakukan melalui aturan pemerintah. Pangeran bisa menjadi raja sebelum upacara resmi.


Putra Mahkota Kerajaan Thailand Maha Vajiralongkorn (Foto: AFP)
 
 
Prayuth juga mengutarakan bahwa Putra Mahkota, Maha Vajiralongkorn berpesan agar warga Thailand tak khawatir tentang negara sepeninggal ayahnya. Menurut Prayuth, Putra Mahkota meminta masyarakat Thailand tidak bingung atau khawatir tentang negara atau suksesi.
 
Sebagai negara monarki konstitusional, Raja Bhumibol merupakan sosok yang paling dihormati meski terjadi kekacauan kekuasaan pada 2014. Saat itu, Raja Bhumibol menjadi pemersatu saat pergolakan politik terjadi.
 
Menurut keterangan Istana Kerajaan Thailand, Bhumibol wafat pada pukul 3.52 sore waktu setempat, Kamis 13 Oktober lalu. Sebelumnya ia didera sakit berkepanjangan.
 
Bhumibol adalah raja yang paling lama berkuasa yaitu selama 70 tahun. Putra Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn akan segera dilantik untuk menggantikan takhta ayahnya.
 
 


(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA