Taliban Sergap dan Bunuh Tujuh Prajurit Pakistan

Willy Haryono    •    Senin, 14 May 2018 13:19 WIB
talibanpakistan
Taliban Sergap dan Bunuh Tujuh Prajurit Pakistan
Prajurit Pakistan bersiaga di daerah Balochistan yang berbatasan dengan Afghanistan, 8 Mei 2018. (Foto: AFP/BANARAS KHAN)

Waziristan: Kelompok militan Taliban Pakistan menyergap sebuah kendaraan militer yang sedang berpatroli dan membunuh tujuh prajurit di dalamnya. Usai beraksi, para militan melarikan diri ke Afghanistan.

Seperti dilansir AFP, dua pejabat pemerintah Pakistan menyebut serangan terjadi di Waziristan Utara, kawasan pegunungan yang berbatasan dengan Afghanistan, Minggu 13 Mei 2018.

Beberapa jam usai penyergapan, juru bicara Taliban Pakistan Mohammad Khurasani mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan.

Meski militer Pakistan telah membersihkan lebih dari 90 persen area Waziristan Utara dan Selatan dari pemberontak, aksi kekerasan di wilayah tersebut masih terjadi dari waktu ke waktu.

Pakistan telah membangun deretan pagar di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan untuk memeriksa pergerakan militan dan pemberontak.

Februari lalu, seorang pelaku bom bunuh diri membunuh sedikitnya sebelas prajurit Pakistan dan melukai 13 lainnya di wilayah utara. Ledakan terjadi di dekat sebuah pangkalan militer di Bukit Swat. 

"Para prajurit sedang bermain bola voli di luar pangkalan militer pada sore hari. Seorang militan kemudian meledakkan dirinya," ujar seorang pejabat lokal, seperti dikutip The New Arab


(WIL)