Kim Jong-un Saksikan Konser Girlband Korsel

Sonya Michaella    •    Senin, 02 Apr 2018 07:51 WIB
korea utarakorsel-korut
Kim Jong-un Saksikan Konser Girlband Korsel
Kim Jong-un (kiri) dan Menteri Kebudayaan Korsel Do Jong-hwan. (Foto: EPA)

Pyongyang: Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, untuk pertama kalinya menyaksikan langsung konser girlband Korea Selatan (Korsel) di Pyongyang.

Hadirnya Kim di perhelatan ini disebut-sebut sebagai gerakan rekonsiliasi terakhir sebelum dilaksanakannya pertemuan antara Utara dan Selatan.

Dilansir dari Yonhap, Senin 2 April 2018, konser yang digelar di East Pyongyang Grand Theather tersebut menampilkan artis-artis Korsel, antara lain girlband Red Velvet dan anggota girlband SNSD, Seohyun.

Konser persahabatan itu sedianya digelar mulai pukul 17.30 waktu setempat. Namun penyelenggaraannya diundur hingga 80 menit karena Kim mendadak memutuskan menonton konser itu. Kim menjadi pemimpin Korut pertama yang menonton pertunjukkan artis Korsel. 

"Sebenarnya saya ingin menyaksikan konser pada hari Selasa, tetapi saya ada agenda lain. Jadi saya datang hari ini," ujar Kim.

Kim dan istrinya, Ri Sol-ju memberi tepuk tangan kepada setiap penampilan artis Korsel dalam pertunjukan yang berlangsung selama dua jam itu. 

"Tolong sampaikan kepada Presiden Moon Jae In bahwa acara seperti ini sangat bagus. Saya berterima kasih atas hadiah yang diberikan kepada warga Pyongyang ini," kata Kim kepada pejabat Korsel yang hadir. 

Tampilnya penampilan girlband dan penyanyi Korsel di Korut ini merupakan upaya dua negara untuk berdamai. Pada pidato awal tahun, Kim memang menyatakan ingin berdamai dengan Korsel.

Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan atlet dan pemandu sorak Korut di Olimpiade Pyeongchang, serta hadirnya adik Kim Jong-un untuk makan malam bersama Presiden Korsel Moon Jae-in. 



(FJR)