Pakistan Luncurkan Operasi Melawan ISIS di Perbatasan Afghanistan

Willy Haryono    •    Senin, 17 Jul 2017 11:00 WIB
isis
Pakistan Luncurkan Operasi Melawan ISIS di Perbatasan Afghanistan
Militer Pakistan dalam sebuah sesi latihan. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Islamabad: Militer Pakistan meluncurkan operasi besar-besaran melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) di kawasan barat laut di sepanjang perbatasan Afghanistan. 

Seorang juru bicara militer menyebut militan ISIS telah menguasai beberapa wilayah Afghanistan sehingga harus dihentikan agar pengaruhnya tidak menyebar ke Pakistan. 

Dia menambahkan operasi bertajuk "Khyber 4" ini, yang didukung angkatan udara, akan difokuskan ke area pegunungan Rajgal Valley di Khyber Agency. 

Sebelumnya, pemerintah Pakistan membantah ISIS berada di wilayah mereka. 

Namun seiring berkembangnya grup ekstremis tersebut -- kerap disebut juga dengan Daesh -- di Afghanistan, Islamabad mulai khawatir. ISIS telah mengklaim beberapa serangan di Pakistan dalam dua tahun terakhir. 

"Operasi ini diperlukan karena Daesh semakin berkuasa di sana (Afghanistan), dan kami perlu menghentikan pengaruhnya agar tidak menyebar ke Pakistan via Rajgal  Valley," ungkap jubir militer Letnan Jenderal Asif Ghafoor, seperti dilansir BBC, Senin 17 Juli 2017. 

ISIS di Rajgal Valley sebagian besar adalah bekas anggota Taliban Afghanistan dan Pakistan. Letjen Ghafoor menekankan kembali sikap resmi pemerintah bahwa kehadiran ISIS di Pakistan tidak terlalu signifikan. 

"Tidak ada infrastruktur terorganisir (milik ISIS) dan kami tidak akan membiarkan mereka membangunnya di sini," tegas dia. 

"Sementara jika di Afghanistan, iya betul, Daesh semakin kuat di sana. Mereka terus meningkatkan kekuatan. Namun kami merasa grup yang ada di sana tidak seperti Daesh di Timur Tengah," lanjut dia. 

Letjen Ghafoor menyebut fase pertama operasi adalah mengamankan perbatasan dekat Rajgal Valley. Setelah itu, pasukan Pakistan akan memastikan area sekitarnya bersih dari ISIS.


(WIL)