Topan Meranti Hantam Tiongkok, Kekuatan Melemah

Fajar Nugraha    •    Kamis, 15 Sep 2016 10:59 WIB
topan badai
Topan Meranti Hantam Tiongkok, Kekuatan Melemah
Topan mulai melanda di Tiongkok (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Beijing: Topan Meranti menghantam wilayah tenggara Tiongkok. Namun kekuatannya dilaporkan melemah.
 
Menurut laporan topan tersebut kekuatan berkurangan setelah menyapu wilayah selatan Taiwan. Topan yang sebelum memiliki kekuatan besar ini, menerjang kota Xiamen.
 
Namun tidak ada laporan korban korban jiwa akibat topan tersebut. Beberapa media memperlihatkan, jalanan di wilayah Provinsi Fujian dipenuhi dengan air, pohon tumbang dan mobil yang hancur.
 
Sementara jadwal penerbangan dan kereta dibatalkan selama topan menerjang. "Beberapa bagian di wilayah Xiamen pun tidak bisa dipasoki aliran listrik," lapor kantor berita Xinhua, seperti dikutip AFP, Kamis (15/9/2016).

Menurut Xinhua, topan ini merupakan yang terbesar pernah melanda wilayah negara tersebut sejak 1949. Topan ini juga menjadi yang terbesar di dunia yang melanda sepanjang 2016.

Puluhan ribu orang sudah dievakuasi saat topan mendekati Negeri Tirai Bambu. Sementara kapal nelayan juga sudah dipanggil kembali ke pelabuhan. Topan Meranti sendiri sudah menimbulkan korban di Taiwan. Satu orang dilaporkan tewas dan 38 lainnya terluka, ketika topan menghantam wilayah selatan Taiwan pada Rabu 14 September.



(FJR)