Mantan Teman Kuliah Kim Jong-un: Dia Sosok yang Baik

Sonya Michaella    •    Selasa, 16 Jan 2018 15:06 WIB
korea utara
Mantan Teman Kuliah Kim Jong-un: Dia Sosok yang Baik
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Bern: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dikenal sebagai sosok yang humoris dan baik hati. Hal ini diungkapkan seorang teman sekelas Kim semasa menimba ilmu di Swiss.

Joan Micaelo, yang saat ini bekerja sebagai koki di sebuah restoran di Bern, mengatakan bahwa saat Kim bersekolah di Universitas Nuremberg. Di sana, banyak orang menyukainya.

"Kami sering pergi bersama. Dia orang yang sangat baik. Tapi saya tidak tahu apa-apa soal hidupnya saat ini," kata Micaelo, dikutip dari Independent, Selasa 16 Januari 2018.

"Dia suka bermain bola basket. Kami dan teman-teman yang lain suka bermain basket bersama. Saya ingin menyampaikan sesuatu, jika Kim Jong-un ada waktu, tolong hubungi saya agar kami bisa bertemu lagi," ungkap dia.

Micaelo menuturkan, saat di kampus dulu, Kim dipanggil "Pakin" dan digambarkan sebagai satu-satunya orang Korea Utara di Swiss.

Mantan teman sekelasnya yang lain bernama Marco Imhof mengatakan Kim adalah sosok yang lucu. "Dia selalu tertawa. Saya ingat sekali kalau dia itu orang yang benci kalah. Kemenangan sangat penting untuknya," ucapnya.

Sifat Kim Jong-un saat bersekolah dulu seketika berubah karena ia sempat terisolasi. Seorang mantan pengawal Kim Jong-il (ayah Kim Jong-un), mengatakan bahwa masa isolasi itu membuat Kim stres dan menjadi pribadi yang meledak-ledak.

"Dia stres dan tidak bisa bergaul dengan sembarang orang. Hanya ada orang dewasa dan terus-terusan belajar," ungkap pria yang tak ingin disebutkan namanya ini.

Menurutnya, situasi inilah yang membuat Kim menjadi sosok yang cepat marah dan tidak peduli dengan apa yang orang rasakan akibat perilakunya. 


(WIL)