Jepang Waspadai 'Diplomasi Senyum' Korut

Willy Haryono    •    Senin, 12 Feb 2018 14:51 WIB
politik jepangkorea utara
Jepang Waspadai 'Diplomasi Senyum' Korut
Menlu Jepang Taro Kono dalam kunjungan ke Beijing, 28 Januari 2018. (Foto: AFP/POOL/ANDY WONG)

Bandar Seri Begawan: Menteri Luar Negeri Taro Kono mengingatkan semua pihak untuk tidak tertipu "diplomasi senyuman" yang diperlihatkan Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan. 

Kono menegaskan meski Kim Yo-jong -- adik dari pemimpin Korut Kim Jong-un -- terus menebar senyum di Korsel, Pyongyang masih berkomitmen terhadap program nuklir dan misil. 

"Tanpa tertipu oleh diplomasi senyuman, Jepang akan terus berkoordinasi (dengan Amerika Serikat dan Korsel) untuk menuju tujuan utama denuklirisasi Semenanjung Korea," ujar Kono kepada awak media di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, seperti dikutip Japan Times, Senin 12 Februari 2018. 

Bukan menuduh tanpa sebab, Kono menyebut Korut tetap mengejar ambisi nuklirnya meski ketegangan dengan Korsel cenderung menurun. Hal ini terlihat dari digelarnya parade militer di Korut menjelang pembukaan Olimpiade Pyeongchang beberapa hari lalu. 

Dalam Olimpiade di Pyeongchang, Kim Yo-jong sempat bertemu Presiden Korsel Moon Jae-in dan mengundangnya untuk datang ke Pyongyang.

Baca: Keramahan Kim Yo-jong Memikat Media

Tokyo khawatir membaiknya hubungan Korsel dan Korut akan merusak kemitraan trilateral dengan AS dalam upaya menekan program nuklir rezim Kim Jong-un. 

Kunjungan Kono ke Brunei merupakan kali pertama dari menlu Jepang dalam lima tahun terakhir. Di sana, Kono bertemu menteri kedua urusan luar negeri dan perdagangan Erywan Yusof. 

Keduanya membicarakan kerja sama bilateral dengan strategi "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka" sesuai visi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.


(WIL)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

9 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA