Duterte Diminta Trump Bernyanyi di Gala Dinner ASEAN

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 13 Nov 2017 09:58 WIB
ktt asean
Duterte Diminta Trump Bernyanyi di Gala Dinner ASEAN
Presiden AS Donald Trump di KTT ASEAN. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte berhasil memukau para pemimpin negara se-ASEAN dan mitra saat makan malam bersama jelang Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Manila. Dia mengaku menyanyi di hadapan mereka atas perintah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Dia menyanyikan lagu Filipina berjudul 'Ikaw', berduet dengan diva pop lokal Pilita Corrales. Lagu tersebut bermakna kekaguman seseorang pada yang lainnya.

"Kamu adalah terang di duniaku, belahan dari hatiku ini," demikian sepenggal bait lagu yang dinyanyikan Duterte, diterjemahkan dari bahasa Tagalog.

"Hadirin sekalian, saya bernyanyi tanpa diundang, namun atas perintah panglima tertinggi Amerika Serikat," ujar Duterte, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 13 November 2017.

Sejak maju dalam pemilihan umum presiden Filipina tahun lalu, Duterte dianggap sebagai 'Donald Trump dari Timur'. Pasalnya, mantan wali kota Davao tersebut bertindak semaunya dengan kebijakan 'nyeleneh'.

Di awal kepemimpinannya, Duterte sempat membuat hubungan dengan AS merenggang. Dia kemudian cenderung berpihak pada Tiongkok dan Rusia, di mana mereka adalah 'rival' Negeri Paman Sam.

Hal ini disebabkan kebijakannya atas perang narkoba dikritik mantan Presiden AS Barack Obama. Dia bahkan menyebut Obama 'son of bitch'.

Namun, saat Trump resmi menjadi Presiden AS, Duterte kembali mendekatkan Manila dengan Washington.

Rangkaian KTT ASEAN telah digelar. Semalam, sebanyak 19 pemimpin negara dijamu dalam makan malam kenegaraan di ibu kota Filipina, Manila. Makan malam ini merupakan perayaan jelang puncak KTT ASEAN 2017.


(FJR)