Bebas Visa bagi WNI yang Ingin Tonton Olimpiade di Korsel

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 06 Nov 2017 17:45 WIB
indonesia-korsel
Bebas Visa bagi WNI yang Ingin Tonton Olimpiade di Korsel
Dubes RI untuk Korsel Umar Hadi di Warung Daun, Jakarta, Senin, 6 November 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Korea Selatan (Korsel) memberikan fasilitas bebas visa bagi turis Asia Tenggara yang ingin menonton Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. Indonesia termasuk dalam daftar tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, menuturkan pemberian bebas visa sudah diinformasikan otoritas setempat.

"Khusus untuk Olimpiade Musim Dingin, beberapa negara diberi fasilitas bebas visa, termasuk di antaranya Indonesia. Hanya saja belum jelas detailnya bagaimana, apa bisa mendarat di semua bandara atau hanya di Pyeongchang," ujar Umar saat ditemui di Warung Daun, Jakarta, Senin, 6 November 2017.

Pemberian fasilitas bebas visa dikeluarkan pemerintah Korsel pada Jumat pekan lalu. KBRI Seoul sudah memberikan notifikasi pada WNI yang ingin ke Korsel, namun masih berupa informasi informal.

Umar menuturkan, pemberian bebas visa ini merupakan kemajuan besar meski baru sebatas untuk menonton Olimpiade. Ini dikarenakan banyaknya turis asak Indonesia yang datang ke Korsel.

Pada 2016, jumlah WNI yang berkunjung ke Korsel mencapai 300 ribu. Sementara warga Korsel ke Indonesia sebanyak 350 ribu. Destinasi wisata terfavorit warga Korsel di Indonesia adalah Bali dan Lombok.

Menurut Umar, Indonesia dipandang sebagai sumber turis untuk Korsel. Hal ini terlihat dari banyaknya warga Indonesia yang berkunjung ke Korsel.

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang akan dilaksanakan pada 9 hingga 25 Februari 2018 dengan menampilkan berbagai cabang olahraga, termasuk ski salju.



(WIL)