Air China Tangguhkan Penerbangan ke Korut untuk Sementara

Sonya Michaella    •    Senin, 27 Nov 2017 15:01 WIB
korea utarationgkok
Air China Tangguhkan Penerbangan ke Korut untuk Sementara
Maskapai penerbangan milik Tiongkok, Air China. (Foto: Independent)

Beijing: Maskapai penerbangan milik Tiongkok, Air China, terpaksa menangguhkan jadwal penerbangan dari Beijing ke Pyongyang, Korea Utara, mulai Jumat kemarin, lantaran kurangnya penumpang.

Dikonfirmasi pihak maskapai, jumlah penumpang dari Tiongkok ke Korut memang menurun akhir-akhir ini.

"Bisnis ini berjalan tidak baik. Maka dari itu, kami tangguhkan sementara," kata pejabat maskapai bernama Ding, dikutip dari Independent, Senin 27 November 2017.

Padahal, sejak awal membuka rute Beijing-Pyongyang, Air China telah menyatakan bahwa jadwal penerbangan ini tanpa batas.

Saat ditanya, kapan layanan penerbangan akan kembali dibuka, Ding menolak untuk berkomentar.

Air China adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang menyediakan rute perjalanan ke Korea Utara, selain Air Koryo, maskapai penerbangan milik Korut.

Air China sendiri menyediakan tiga kali jadwal penerbangan selama sepekan yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat sejak 2008 silam. 

Meski saat ini Air China menangguhkan penerbangannya ke Korut, namun Air Koryo tetap beroperasi. Air Koryo hanya melayani dua penerbangan internasional, yakni ke Tiongkok dan Rusia. 

Penangguhan jadwal penerbangan sementara ke Pyongyang ini juga bebarengan dengan keputusan Amerika Serikat memasukkan Korea Utara di daftar hitam negara pendukung terorisme.


(WIL)