Koran Malaysia Dikecam atas Artikel 'Ciri-Ciri Gay'

Arpan Rahman    •    Selasa, 13 Feb 2018 16:23 WIB
homoseksualmalaysia
Koran Malaysia Dikecam atas Artikel 'Ciri-Ciri Gay'
Ilustrasi homoseksual. (Foto: Medcom.id)

Kuala Lumpur: Surat kabar terkemuka di Malaysia dikecam sejumlah pihak karena menerbitkan artikel mengenai ciri-ciri gay dan lesbian.

Artikel tersebut muncul di surat kabar harian Sinar Harian. Isinya berupa panduan agar orang-orang dapat mengenali seorang homoseksual.

Sejumlah aktivis menilai artikel ini mengancam kerukunan hidup bermasyarakat di Malaysia.

Dalam artikel itu, seperti disitat Evening Standard, Selasa 13 Februari 2018, disebutkan bahwa gay dapat diidentifikasi melalui jenggot atau kecintaan mereka terhadap pusat kebugaran alias gym. Sinar Harian menyebut para gay pergi ke gym bukan untuk berolahraga, tapi bertemu banyak pria.

Daftar itu juga menyebutkan gay senang memakai pakaian bermerek dan kaos ketat untuk "memamerkan perut berotot six pack." Sementara jika lesbian, masih kata artikel tersebut, cenderung saling berpelukan dengan pasangannya dan memandang remeh pria.

Homoseksualitas adalah sesuatu yang ilegal di Malaysia, dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara di bawah hukum sodomi zaman kolonial.

Arwind Kumar, salah satu bintang media sosial terbesar di Malaysia, mencap artikel itu "bodoh." Komentar disampaikannya dalam sebuah video yang telah ditonton 120.000 kali di YouTube dan Facebook.

"Ada banyak isu penting di negara ini yang perlu ditangani," sebut Kumar. 

"Jika Anda benar-benar ingin mendidik masyarakat, maka jelaskan kepada mereka sifat pedofil, penganiaya, pembunuh, penculik, orang-orang yang benar-benar membahayakan kehidupan orang lain. Bagaimana mungkin orang gay membahayakan hidupmu?" serunya.


(WIL)