Korsel Ingin ASEAN Terus Dukung Perdamaian di Semenanjung Korea

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 30 Aug 2017 09:59 WIB
aseankorea selatan
Korsel Ingin ASEAN Terus Dukung Perdamaian di Semenanjung Korea
Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) Kang Kyung-wha. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) Kang Kyung-wha meminta dukungan kuat dari Asosiasi Negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) untuk visi kebijakan Korsel atas Korea Utara (Korut).

Permintaan ini diucapkan Kyung-wha dalam pertemuan ASEAN-Korsel yang terjadi pada Rabu, 30 Agustus 2017.

Kyung-wha mengatakan dia menginginkan ASEAN terus menjadi pendukung kuat atas inisiatif Berlin yang menjadi visi kebijakan Presiden Moon Jae-in yang baru kepada Korea Utara. Dia juga mengapreasiasi dukungan penuh yang selama ini diberikan ASEAN untuk Korsel dalam mempertahankan kedamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Terima kasih kami sampaikan kepada ASEAN atas dukungan yang luar biasa yang diberikan kepada Korea Selatan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," ujar Kyung-wha dalam pidatonya di Konferensi Internasional Kemitraan ASEAN-Korea di Seoul, seperti dilansir dari kantor berita Korsel Yonhap.

Sementara itu, Moon Jae-in menyampaikan visi kebijakan Korsel terhadap Korut dalam kunjungannya ke Jerman pada Juli lalu. Presiden baru Korsel ini menyatakan ingin membangun perdamaian yang permanen di semenanjung.

Selain itu, Jae-in juga berjanji akan membawa ekonomi baru berdasarkan stabilitas yang terjadi di Semenanjung Korea.

"Stabilitas dan perdamaian regional menjadi elemen penting untuk meningkatkan kemakmuran antara Korea Selatan dan ASEAN, hal ini menunjukkan sebuah kerja sama yang dilembagakan antara kedua wilayah untuk memerangi terorisme, kejahatan transnasional dan keamanan di dunia maya," imbuh Kyung-wha.

Dia juga mengatakan Korea Selatan berencana untuk memperluas volume perdagangan dengan ASEAN menjadi USD200 miliar pada 2020 dengan memperkuat hubungan lebih lanjut dengan negara-negara anggota.



(FJR)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA