Nama Tujuh Pelaut yang Tewas di USS Fitzgerald Diumumkan

Arpan Rahman    •    Senin, 19 Jun 2017 11:32 WIB
tabrakan kapal
Nama Tujuh Pelaut yang Tewas di USS Fitzgerald Diumumkan
USS Fitzgerald telah ditarik ke pelabuhan di Yokosuka usai bertabrakan dengan kapal Filipina pada 17 Juni 2017. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Yokosuka: Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah mengidentifikasi tujuh pelaut yang tewas saat kapal perusak USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal kontainer di perairan Jepang, Sabtu 17 Juni 2017.

Para pelaut ditemukan di sebuah ruangan dalam USS Fitzgerald, menurut pernyataan Angkatan Laut AS, seperti dikutip BBC, Senin 19 Juni 2017. 

Sedikitnya tiga orang terluka dalam insiden tersebut, yang terjadi dekat kota pelabuhan Yokosuka.

Banyak kru USS Fitzgerald tertidur kala kejadian berlangsung. Angkatan Laut AS mengaku sedang menyelidiki penyebab kecelakaan. Kapal perang itu telah ditarik ke pangkalan angkatan laut AS di Yokosuka.

Ketujuh pelaut dilaporkan hilang sehabis kejadian, sekitar pukul 02:30 waktu setempat pada Sabtu kemarin. Pihak AL berkata, para penyelam mendapatkan akses ke beberapa bagian yang rusak dan menemukan jenazah mereka.

Komandan Armada ke-7, Joseph P Aucoin, menginformasikan kepada wartawan bahwa tabrakan menyebabkan "robek besar" di badan USS Fitzgerald.

Dia menyebut kapal tersebut bisa tenggelam kalau bukan karena "usaha heroik" para awak, yang mencegah mengalirnya air ke bagian lain di USS Fitzgerald.

Catatan lalu lintas laut menunjukkan bahwa ACX Crystal, kapal kontainer berbendera Filipina, berputar balik kira-kira 25 menit sebelum kecelakaan terjadi. Tidak diketahui mengapa kapal itu berubah arah secara tiba-tiba. Catatan serupa untuk USS Fitzgerald tidak tersedia bagi publik.

Berikut tujuh nama pelaut yang ditemukan tewas di USS Fitzgerald:

Dakota Kyle Rigsby, 19
Shingo Alexander Douglass, 25
Ngoc T Truong Huynh, 25
Noe Hernandez, 26
Carlos Victor Ganzon Sibayan, 23
Xavier Alec Martin, 24
Gary Leo Rehm Jr, 37



(WIL)