Wonderful Indonesia Kembali Tampil di Pameran Internasional di Vietnam

   •    Sabtu, 09 Sep 2017 19:41 WIB
wonderful indonesia
Wonderful Indonesia Kembali Tampil di Pameran Internasional di Vietnam
Booth Indonesia di Saigon Exhibition & Convention Center Ho Chi Minh City, Vietnam -- Foto: akhmad duddy zulfikri

Metrotvnews.com, Vietnam: Wonderful Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran International Travel Exhibition Ho Chi Minh City (ITE HCMC) di Saigon Exhibition & Convention Center Ho Chi Minh City, Vietnam. Tahun ini, Indonesia menampilkan paviliun seluas 90 sqm (10 booth) dengan mengangkat tema kapal Phinisi sebagai ikon yang menjadi ciri khas booth Indonesia di pameran tersebut.

Kepala Sub Bidang Pameran Wisata Umum Kementerian Pariwisata Nurdiansyah mengatakan, pihaknya menfasilitasi 15 industri pariwisata Indonesia yang berasal dari 7 destinasi provinsi yakni Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara.

Selama tiga hari pameran, juga dilakukan B to C dan B to B meeting antara industri pariwisata Indonesia dengan buyers dari berbagai negara berdasarkan agenda yang telah disepakati dan terjadwal. "Agenda ini terjadewal pada Online Business Matching, pelayanan informasi pariwisata Indonesia dengan peta digital interaktif, pendistribusian bahan promosi, virtual reality video 360 degrees, coffee & refreshment khas Indonesia, games & quiz interaktif, gift redemption, serta pertunjukan kesenian dari tim Wonderful Indonesia," katanya di Vietnam, Sabtu 9 September 2017.

Nurdiansyah menuturkan, partisipasi Indonesia pada event tahunan ini merupakan salah satu upaya untuk melanjutkan program promosi Kemenpar yang sebelumnya fokus pada branding dan advertising sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia khususnya kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, ekonomi Vietnam saat ini tumbuh cukup signifikan dengan kenaikan persentase GDP negara Vietnam sebesar 6,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini mempengaruhi tren serta kemampuan daya beli masyarakat Vietnam yang memiliki jumlah populasi sebanyak 92,7 juta penduduk.

"Ini bukanlah jumlah market yang kecil, kondisi ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk menjaring wisatawan asal Vietnam," tutur dia.

Melalui event ITE HCMC 2017 ini, Nurdiansyah berharap bisa menghasilkan transaksi yang signifikan dari hasil penjualan paket wisata dalam upaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2017 naik 30,85 persen dibanding jumlah kunjungan pada Juli 2016, yaitu 1,03 juta menjadi 1,35 juta kunjungan. Begitu pula jika dibandingkan dengan Juni 2017 yang sebesar 1,1 juta, maka jumlah kunjungan wisman pada Juli 2017 mengalami kenaikan sebesar 21,57 persen.

Secara kumulatif sepanjang Januari hingga Juli 2017, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 7,81 juta kunjungan atau naik 23,53 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 6,32 juta kunjungan wisman.  

 


(Des)