Pria Kazakhstan Tewas Terkena Api dari Puing Roket Rusia

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Jun 2017 14:32 WIB
luar angkasa
Pria Kazakhstan Tewas Terkena Api dari Puing Roket Rusia
Pesawat antariksa Soyuz MS-04 milik Rusia meluncur dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, 20 April 2017. (Foto: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Metrotvnews.com, Astana: Seorang pria Kazakhstan tewas dan satu lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah mereka terjebak kebakaran dari puing roket Rusia di kawasan stepa. 

Kebakaran, yang melanda area seluas 15 kilometer, dipicu beberapa bagian roket yang jatuh ke Bumi setelah diluncurkan dari kosmodrom Baikonur, Rabu 14 Juni 2017. 

Roket jenis itu sudah pernah digunakan untuk mengirim pasokan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Agensi luar angkasa Rusia Roscosmos mengonfirmasi kematian seorang pria pada Kamis 15 Juni 2017. Roscosmos menyebut insiden terjadi akibat "kondisi meteorologi di daerah jatuhnya puing." 

Truk yang dikendarai korban hangus dilalap api. Kebakaran meluas karena adanya tiupan angin kencang di lokasi kejadian. 

Juru bicara Komite Urusan Darurat Ruslan Imankulov mengatakan kepada AFP bahwa dinas pemadam telah diberitahu adanya "kebakaran di lahan kering" sekitar 40 kilometer dari kota Zhezkazgan. 

Imankulov menambahkan kebakaran terjadi di "area yang sudah ditetapkan sebagai jatuhnya puing" dari roket Soyuz 2.1a. 

Kedua korban adalah pekerja pembersih puing roket dari perusahaan NPO Mashinostroyeniya. Roscosmos mengonfirmasi keduanya memang pegawai perusahaan tersebut.

NPO Mashinostroyeniya belum memberikan keterangan resmi. 

Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan adalah pangkalan utama untuk meluncurkan roket ke ISS. Sementara Zhezkazgan adalah kota besar terdekat dari situs peluncuran, yang biasa dikunjungi astronot setelah pulang dari ISS.


(WIL)

Waspadai Infiltrasi Ideologi

Waspadai Infiltrasi Ideologi

3 hours Ago

Infiltrasi ideologi merupakan ancaman di balik cepatnya perkembangan teknologi. Namun pendekatan…

BERITA LAINNYA