Tangisan Kim Jong-un Karena Ekonomi Korut Melemah

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 31 May 2018 19:19 WIB
korea utara
Tangisan Kim Jong-un Karena Ekonomi Korut Melemah
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: KCNA).

Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menangis meratapi perekonomian negaranya yang menurun. Tangisan Kim Jong-un ditunjukkan dalam sebuah video propaganda terbaru Korea Utara (Korut).

Seorang pembelot di Jepang mengatakan kepada media Asahi Shimbun, jika video ini sengaja disebar untuk mengedukasi pejabat Partai Pekerja.

Dalam video tersebut, Kim terlihat berdiri di tepi pantai. Matanya menerawang jauh ke cakrawala dan air mata terlihat menetes ke pipinya.

Pemimpin Korut tersebut dikabarkan tengah gundah karena merasa tidak mampu meningkatkan perekonomian di negaranya. Terlebih lagi, sanksi ekonomi malah membuat keuangan negaranya menurun.

Video ini sebenarnya sudah disebar dari April lalu, sebelum Kim bertemu Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. Pembelot tersebut mengatakan video disebar agar pejabat partai mematuhi perintah Kim.

"Video ini sepertinya sengaja disebar agar para pejabat partai tidak punya pilihan selain mematuhi Kim Jong-un," imbuhnya.

Kini Kim tengah mempersiapkan pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. AS merupakan salah satu negara yang memberikan sanksi ekonomi ke Pyongyang.

Pertemuan dengan Trump akan dilakukan pada 12 Juni mendatang di Singapura. Denuklirisasi akan menjadi bahasan utama dalam pertemuan tersebut.


(WAH)