Istri Kim Jong-un akan Temani Suami di KTT Korsel

Arpan Rahman    •    Senin, 09 Apr 2018 19:33 WIB
korea utarakorea selatankorsel-korut
Istri Kim Jong-un akan Temani Suami di KTT Korsel
Kim Jong-un bersama istrinya, Ri Sol-ju. (Foto: KCNA/AFP)

Pyongyang: Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju, disebut-sebut akan menemani pemimpin Korea Utara itu ke konferensi tingkat tinggi pertamanya dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, akhir bulan ini. 

Seperti disitat Telegraph, Senin 9 April 2018, kemunculan Ri menjadi pertanda bahwa ia semakin berperan penting sebagai pemain kunci dalam diplomasi internasional rezim Korut.

Hanya tiga pekan menjelang pertemuan penting kedua pemimpin Korea di Zona Demiliterisasi atau DMZ, awak media di Korsel berspekulasi bahwa Ri akan bergabung dalam prosesi minum teh bersama ibu negara Korut, Kim Jung-sook. Ia juga akan menghadiri jamuan kenegaraan, makan siang dan makan malam.

Jika dikonfirmasi, kesempatan itu akan menjadi langkah penting lainnya dalam peningkatan peran Ri bersama adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong. Adik Kim sempat menyedot perhatian internasional saat hadir di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Berusia 28 tahun, Ri dilaporkan menikah dengan Kim Jong-un pada 2009. Namun penikahan mereka baru dipublikasikan pada 2012. Istri Kim terus berada di balik layar sampai tahun lalu. Selama waktu itu, ia disebut-sebut telah melahirkan tiga orang anak.

Kelahiran seorang bayi perempuan Kim Jong-un dikonfirmasi mantan bintang bola basket AS Dennis Rodman pada Maret 2013.

Sangat sedikit yang diketahui tentang latar belakang Ri. Dia dilaporkan berasal dari keluarga elite Pyongyang dan pernah menjadi pemandu sorak selama Kejuaraan Atletik Asia 2005.

Dia juga disebut-sebut sebagai lulusan perguruan tinggi dan mantan penyanyi di Orkestra Unhasu.

Kenji Fujimoto, mantan koki sushi pribadi untuk ayah Kim, Kim Jong-il, menggambarkannya kepada kantor berita CNN pada 2012 sebagai wanita "penuh pesona" dan bersuara "sangat lembut."


(WIL)